header

Malang, Jawa Timur Diguncang Gempa M 5, Pusat Gempa 73 Km Barat Daya Malang

Rabu 11-10-2023 / 14:35 WIB


Malang, Jawa Timur Diguncang Gempa M 5, Pusat Gempa 73 Km Barat Daya Malang

Malang, Jawa Timur, 10 Oktober 2023 - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa Malang, Jawa Timur, diguncang gempa bumi dengan magnitudo 5 pada Selasa malam, tanggal 10 Oktober 2023. Gempa tersebut terjadi pada pukul 23.42 WIB dan memiliki pusat gempa sekitar 73 kilometer barat daya Kota Malang.

Menurut BMKG, gempa ini terjadi pada kedalaman sekitar 18 kilometer dengan koordinat pusat gempa berada di 8,80 lintang selatan dan 112,52 bujur timur. Meskipun awalnya BMKG melaporkan gempa dengan magnitudo 5,0, mereka kemudian mengoreksi magnitudo gempa menjadi 4,8.


Meskipun gempa ini terasa hingga beberapa daerah di sekitarnya, tidak ada peringatan potensi tsunami yang dikeluarkan oleh BMKG. Saat ini, belum ada informasi mengenai kerusakan atau korban akibat gempa ini.

Gempa ini juga dirasakan di beberapa daerah terdekat, termasuk Karangkates, Kepanjen, Blitar, Lumajang, dan Jember. BMKG memberikan catatan bahwa informasi awal gempa ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data masih bisa berubah seiring dengan kelengkapan data yang diperoleh oleh lembaga tersebut. Masyarakat di daerah yang terkena dampak gempa diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi resmi dari BMKG.

TAG: #gempa
Sumber:

BERITA TERKAIT