header

Pesta Sup Ikan Buntal di Kota Probolinggo: Dibalik Kelezatan Tersembunyi Racun Mematikan

Minggu 22-10-2023 / 19:31 WIB


Pesta Sup Ikan Buntal di Kota Probolinggo: Dibalik Kelezatan Tersembunyi Racun Mematikan

Kota Probolinggo, 22 Oktober 2023 - Meskipun dikenal sebagai ikan beracun yang memiliki racun mematikan, sejumlah warga di Kota Probolinggo, Jawa Timur, tidak ragu untuk mengonsumsi daging ikan buntal dalam sebuah pesta sup yang diadakan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan. Pesta yang diadakan pada Sabtu siang, 21 Oktober 2023, tersebut mengundang perhatian setelah salah seorang peserta mengalami keracunan dan harus dirawat di RSUD dr. Mohamad Saleh, Kota Probolinggo.

Pria yang mengalami keracunan tersebut adalah Eko Hardianto, 40 tahun, warga Kelurahan Wiroborang, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. "Benar, saya tadi siang memang keracunan daging ikan buntal dan sempat dirawat di rumah sakit. Syukur alhamdulillah, sekarang sudah baik dan pulang," ujar Eko, yang akrab disapa Eko Edol.


Eko menceritakan bahwa dia dan beberapa teman diundang untuk bersantai di lokasi terapi kum-kum (berendam) di PPP Mayangan. "Ada teman yang mengajak bersantai di tepi pantai sambil menikmati sup ikan," katanya.

Di lokasi kum-kum tersebut, Eko dan teman-temannya, Djando, Gogon, Alvi Warda, dan Puji Anugerah Leksono, menikmati sup ikan buntal. Sup tersebut disajikan oleh Cak Agus, pemilik warung makan khas ikan di Mayangan, yang dikenal sebagai koki berpengalaman dalam mengolah ikan buntal.

Namun, beberapa saat setelah mengonsumsi sup ikan buntal, Eko mengalami gejala keracunan, seperti pusing berat dan perasaan mabuk. Akhirnya, ia dibawa ke RSUD dr. Mohamad Saleh oleh temannya, Djando.


×

Gogon, salah satu peserta pesta, membenarkan bahwa mereka memang mengonsumsi ikan buntal dalam jumlah yang cukup besar. Mereka percaya pada keahlian koki Cak Agus dalam mengolah ikan buntal. Pesta ini bahkan berbagi sebagian sup dengan atlet dayung yang berlatih di PPP Mayangan, dan para atlet tersebut tidak mengalami keracunan.

Lanjut ……

Sumber:

BERITA TERKAIT