header

Lodeh Kikil Jombang, Sensasi Baru dalam Kuliner Nikmat Unik dan Wajib diCoba!

Senin 13-02-2023 / 01:27 WIB


Lodeh Kikil Jombang, Sensasi Baru dalam Kuliner Nikmat Unik dan Wajib diCoba!

BURUHTINTA.co.id - Di Desa Mojosongo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, sebagian besar masyarakat berjualan makanan sego yang juga dikenal sebagai "nasi kerikil sapi". Stan Nasi Kikil di Mojosongo menjadi perbincangan bagi mereka yang menyukai makan, sehingga tidak heran jika kampung ini dikenal dengan nama Kampung Kikil Nasi.

Saat berada di Kota Santri, pastikan untuk mencoba makan sego kikil khas Jombang. Sejak 1947, banyak warung nasi kikil di Mojosongo menawarkan makanan yang lezat. Banyak orang penting yang menjadi pengunjung tetap, seperti Presiden ke-4, KH Abdurahman Wahid yang juga dikenal sebagai "Gus Dur", pengacara Hotman Paris, musisi Ahmad Dhani, dan beberapa lainnya.


Lokasi warung-warung kikil Mojosongo berjejer di sebelah kanan jalan raya Jombang-Malang, sekitar satu kilometer arah selatan pusat Kota Jombang dan ke arah selatan. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba makan enak dan lezat di sini.

Di Mojosongo, terdapat beberapa warung sego kikil yang dikenal, mulai dari warung kikil Bu Sujad yang berada di sebelah timur jalan utama tenda, warung kikil hijau, warung kikil Abang, warung kikil biru Ida, dan warung kikil legendaris Bu Tandur, serta beberapa kios kikil yang masih baru.

Menurut Luri, menantu dari Ibu Ida, Mojosongo sudah lama dikenal sebagai tempat warung kikil Jombang. Ia mengatakan bahwa Mojosongo sudah terkenal dengan sego kikilnya sejak lama, bahkan saat suaminya masih muda.


×

Setiap warung kikil di Mojosongo dicat dengan warna yang berbeda, mulai dari merah hingga kuning, sehingga memudahkan pelanggan untuk membedakan satu warung dengan warung lainnya.

Jika Anda sedang berada di Kota Jombang, Anda harus mencoba nasi kikil khas Mojosongo di Kecamatan Diwek. Warung-warung kikil yang tersebar di kawasan ini menyajikan makan enak dan berwarna berbeda-beda, sehingga memudahkan pelanggan untuk membedakan dan memilih.

Menurut salah satu menantu pemilik warung, banyak orang yang datang dari berbagai penjuru hanya untuk mencicipi nasi kikil tersebut, bahkan ada yang berasal dari luar Kabupaten Jombang. Warung-warung kikil buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 02.00 dan sejak pertama kali berjualan, tidak pernah sepi pengunjung. Harga yang dibandrol cukup murah, antara Rp 20.000 hingga Rp 25.000 per porsi. Jangan lupa untuk mencoba nasi kikil khas Jombang ini***

TAG: #jombang
Sumber:

BERITA TERKAIT