header

Rumah Jurnal IAIN Ponorogo Menggelar Kolokium dengan Bedah Buku "Spirit Nahdlatut Tujar: Gerakan Sosial NU Membangun Ekonomi Syariah

Selasa 16-05-2023 / 20:01 WIB


Rumah Jurnal IAIN Ponorogo Menggelar Kolokium dengan Bedah Buku

BURUHTINTA.co.id - Rumah Jurnal FEBI IAIN Ponorogo kembali menghadirkan agenda menarik dengan menyelenggarakan kolokium yang diiringi dengan bedah buku berjudul "Spirit Nahdlatut Tujar: Gerakan Sosial NU Membangun Ekonomi Syariah". Acara ini merupakan upaya untuk memperkenalkan karya-karya penelitian dosen dan sekaligus menjadi momen peluncuran tiga jurnal baru yang terbit di Rumah Jurnal FEBI IAIN Ponorogo.

Kolokium yang berlangsung pada akhir bulan Februari 2022 ini diadakan secara hybrid, menggabungkan format daring dan luring terbatas, mempertimbangkan situasi pandemi yang masih berlangsung. Acara ini diselenggarakan di Auditorium FEBI IAIN Ponorogo, dan juga dapat diakses melalui saluran YouTube resmi Rumah Jurnal FEBI.


Dr. H. Luthfi Hadi Aminudin, M.Ag., seorang dosen dan Dekan FEBI IAIN Ponorogo, menjadi salah satu pembicara utama dalam kolokium ini. Beliau adalah penulis buku "Spirit Nahdlatut Tujar: Gerakan Sosial NU Membangun Ekonomi Syariah" dan juga menjabat sebagai Sekretaris PCNU Ponorogo. Dalam paparannya, beliau mengangkat dua hal fundamental, yakni latar belakang berdirinya Nahdlatut Tujar sebagai pilar gerakan perjuangan kebangsaan dan gerakan intelektual melawan dominasi kolonial, serta internalisasi spirit Nahdlatut Tujar dalam gerakan kemandirian ekonomi warga Nahdliyin di Ponorogo.

Buku yang dibahas dalam bedah ini membahas tentang gerakan sosial kemandirian ekonomi NU di Ponorogo, yang menjadi dorongan bersama agar jam'iyah NU dapat mandiri secara ekonomi dan membangun kesadaran jamaah dalam menggerakkan gerakan kemandirian ekonomi. Gerakan ini melalui dua tahap, yaitu tahap framing yang melibatkan kegelisahan dan kegusaran, serta tahap mobilisasi yang mencakup formalisasi dan pelembagaan.

Kegiatan bedah buku yang diadakan oleh Rumah Jurnal FEBI IAIN Ponorogo ini tidak hanya memberikan wawasan baru kepada para dosen dan mahasiswa, tetapi juga memicu semangat mereka untuk terus berkontribusi melalui penulisan artikel dan buku yang kemudian dapat didiskusikan dalam ruang publik. Hal ini menjadi kewajiban bagi dosen dan mahasiswa untuk terus mendorong budaya literasi guna meningkatkan kapabilitas akademik.


×

Dengan adanya acara kolokium dan bedah buku ini, Rumah Jurnal FEBI IAIN Ponorogo berkomitmen untuk terus menjadi wadah bagi penelitian dan pengembangan ilmu di bidang ekonomi syariah ***

TAG: #ponorogo
Sumber:

BERITA TERKAIT