header

Di Balik Layar Hunter Killer: Studio dan Keautentikan Produksi Film Thriller Aksi yang Membawa Kapal Selam ke Layar Lebar

Rabu 23-08-2023 / 20:15 WIB


Di Balik Layar Hunter Killer: Studio dan Keautentikan Produksi Film Thriller Aksi yang Membawa Kapal Selam ke Layar Lebar

Dalam hal set eksterior untuk adegan di atas permukaan air, lokasi pengambilan gambar berada di tangki air Pinewood Studios. Tangki air ini memiliki kapasitas sekitar 806.000 galon. Selain itu, adegan di bawah permukaan air difilmkan di Warner Bros.

Studios Leavesden menggunakan tangki air yang terpisah. Meskipun sebagian besar pengambilan gambar dilakukan di London, beberapa adegan eksterior yang menggambarkan pangkalan film Rusia dilakukan di instalasi Angkatan Laut Bulgaria yang terletak di Varna, tepi pantai Laut Hitam. Sementara itu, pengambilan gambar interior pangkalan Rusia dilakukan di Nu Boyana Film Studios di Sofia, Ibukota Bulgaria.


Beberapa Fakta Menarik Mengenai Film Hunter Killer

Peran utama dalam film ini ditampilkan oleh Gerard Butler. Dia melakukan perjalanan dengan kapal USS Houston antara tanggal 6 Mei dan 9 Mei, bersama dengan sutradara film, untuk maksud penelitian. Upaya ini bertujuan agar naskah dan hasil akhir film terasa lebih realistis dan otentik, dengan mencatat ciri-ciri kapal selam yang benar-benar berfungsi serta kehidupan awaknya.

Awalnya, lokasi syuting film direncanakan di Alaska. Adegan di Pangkalan Angkatan Laut Rusia selama musim dingin direncanakan untuk difilmkan di Whittier, sebuah kota maritim di Alaska. Namun, rencana tersebut menghadapi beberapa hambatan, seperti kurangnya akomodasi untuk kru, sehingga produksi terpaksa diubah lokasinya. Selain itu, perlu dilakukan revisi pada naskah karena beberapa tantangan dalam produksi film.


×

Lebih dari itu, sutradara bersama Gerard Butler melakukan kunjungan ke Pearl Harbor bahkan sebelum proses produksi dimulai. Mereka menghabiskan tiga hari untuk melakukan tur dengan kapal selam nuklir kelas Virginia, bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai operasionalnya.

Sikap ini layak diapresiasi, mengingat upaya para pembuat film dalam merangkul pengalaman nyata sebagai dasar proyek mereka. Sebagai penonton, kita dapat merasakan kedalaman tersebut dalam waktu singkat, seiring kerja keras tim kreatif di balik layar. Tak dapat disangkal, proses menentukan lokasi syuting memiliki tantangannya sendiri, tetapi berkat dedikasi tim produksi yang unggul, mereka berhasil memberikan sinematografi yang luar biasa.***

TAG: #film
Sumber:

BERITA TERKAIT