header

Morowali daerah mana, pt gni produksi apa dan rusuh perang mencekam

Senin 16-01-2023 / 11:23 WIB


Morowali daerah mana, pt gni produksi apa dan rusuh perang mencekam

BURUHTINTA.co.id – Sejak bulan lalu morowali jadi sorotan netizen, ketika Nirwana Selle yang cukup populer di Tiktok meninggal karena smelter yang terbakar di PT GNI tempat dia bekerja. Dan saat ini morowali kembali jadi sorotan, karena demonstrasi yang menuntut fasilitas kaemanan atau savety untuk pekerja yang berakhir rusuh dan mengakibatikan 2 TKI serta 1 TKA meninggal pada 15 Januari 2023.

Terjadi bentrokan antara TKI yang mengajak mogok kerja melawan TKA (asal cina) yang hendak lanjut kerja. Perkembangan terakhir, 16 Januari situasi sudah kondusif dan terkendali. Sudah tidak rusuh, tidak mencekam apalagi perang. Negosiasi tuntutan pekerja itu juga kembali dimusyawarahkan.


Lokasi PT GNI atau PT Gunbuster Nickel Industry adalah di Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah (lihat peta di bawah).

PT GNI adalah sebuah pabrik peleburan nikel. Keterangan dari situs GNI menyebutkan bahwa perusahaan ini berdiri pada tahun 2019.

PT GNI adalah anak perusahaan yang induknya di China yaitu Jiangsu Delong Nickel Industry dibentuk sejak Agustus 2010 lalu di Kawasan Ekonomi Industri Xiangshui, Kota Yancheng, Provinsi Jiangsu.


Jiangsu Delong Nickel memiliki 9.300 pekerja, 2.470 di antaranya bekerja di smelter di Indonesia. Perusahaan juga memiliki 500 insinyur dan staf teknisi.

Pada tahun 2020, perusahaan memperoleh keuntungan sekitar 3 miliar yuan dari penjualan 95 miliar yuan. Pada tahun 2020, perusahaan ini dinobatkan sebagai perusahaan swasta terbaik ke-231 di China dari 500 perusahaan.

PT GNI hanya memiliki Izin Usaha Industri (IUI), jadi itu izin Kementerian Perindustrian, dan bukan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).***

TAG:
Sumber: