header

Ustadz Abdul Somad tentang puasa rajab, niat doa dzikir dan amalan

Minggu 22-01-2023 / 22:23 WIB


Ustadz Abdul Somad tentang puasa rajab, niat doa dzikir dan amalan

BURUHTINTA.co.id - Bulan ketujuh dalam penanggalan Hijriah, Rajab, merupakan salah satu bulan yang mulia. Allah SWT juga memuji Rajab, Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Memasuki bulan Rajab, artinya sebentar lagi bulan suci Ramadhan. Nabi Muhammad SAW mengucapkan doa khusus di bulan Rajab untuk mendapatkan berkah di bulan itu dan bulan Sya'ban, dan beliau berharap bisa melihat bulan suci Ramadhan.


Umat Islam juga sangat dianjurkan untuk membaca doa ini untuk mendapatkan berkah seperti yang dilakukan Nabi.

Nabi Muhammad SAW membaca doa berikut di bulan Rajab:

Allahumma bariklana fi Rajaba wa Sya’bana wa ballighna Ramadhana


Artinya, "Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban, dan temui kami di bulan Ramadhan."

Dari kanal YouTube Official Ustadz Abdul Somad, beberapa hal yang harus dilakukan umat Islam selama bulan Rajab:

  1. Puasa sunnah

Puasa sunnah Rajab yang dilakukan pada hari Senin atau Kamis untuk mengqodo’ puasa Ramadhan yang tidak dilaksanakan, maka orang yang melaksanakan puasa tersebut akan mendapatkan tiga pahala sekaligus.

Tiga pahala itu adalah: qada' memenuhi puasa Ramadhan, mendapat pahala puasa sunnah Kamis, dan mendapat pahala puasa sunnah Rajab.

  1. Sholat sunnah

Jika tidak bisa melakukan puasa sunnah, sebaiknya memperbanyak sholat sunnah di bulan Rajab, seperti sholat Tasbih, sholat Dhuha, sholat sunnah Rawatib, sholat sunnah Mutlaq, sholat sunnah wudhu, dan masih banyak lagi.

Sholat sunnah wudhu merupakan salah satu sholat sunnah yang dianjurkan. Diucapkan setelah dua kali wudhu. Bilal tidak henti-hentinya melakukan hal itu, sehingga Nabi Muhammad selalu mendengar suara gesekan sepatunya di tanah di surga.

  1. Baca Al Quran

Merupakan kebahagiaan besar menjadi salah satu orang yang imannya tumbuh ketika Al-Quran dibacakan dengan lantang. Jadi satu hal yang harus dilakukan umat Islam setiap saat adalah membaca Alquran.

  1. Dzikir

Allah SWT dipuji oleh seluruh alam semesta dan segala isinya. Maka, sebagai makhluk yang paling sempurna berakalnya, masuk akal jika kita mampu berpikir dan melakukan hal yang sama, yaitu berdzikir dan selalu mengingat betapa agungnya Allah SWT.

Untuk mendapatkan berkah, Anda harus melakukan dan menjadi lebih baik dalam hal-hal ini selama bulan Rajab.***

TAG: #puasa
Sumber:

BERITA TERKAIT

Ustadz Abdul Somad tentang puasa rajab, niat doa dzikir dan amalan

Minggu / 22-01-2023,22:23 WIB

Umat Islam sangat dianjurkan untuk membaca doa

Ustadz Abdul Somad tentang puasa rajab, niat doa dzikir dan amalan