header

Sirop Praxion Produksi PT Pharos ditarik ikuti BPOM RI, praxiom obat apa apakah mengandung etilen glikol

Selasa 07-02-2023 / 13:00 WIB


Sirop Praxion Produksi PT Pharos ditarik ikuti BPOM RI, praxiom obat apa apakah mengandung etilen glikol

Sebelumnya, setelah munculnya kasus baru gagal ginjal akut di DKI Jakarta, FDA menyatakan telah mengeluarkan perintah penghentian produksi dan distribusi obat yang dikonsumsi pasien. Penghentian sementara produksi dan peredaran obat itu dilakukan hingga penyidikan selesai.

BPOM mengatakan bahwa penghentian sementara produksi dan distribusi obat ini merupakan bagian dari langkah hati-hati, meskipun investigasi terkait kasus gagal ginjal akut masih berlangsung.


Industri farmasi pemegang izin edar obat menanggapi surat perintah BPOM dengan menarik obat secara sukarela. BPOM menyatakan hal ini dalam sebuah keterangan pers pada tanggal 6 Februari 2023.

BPOM telah melakukan investigasi terhadap sampel obat dan bahan baku, baik melalui sisa obat pasien, sampel dari peredaran dan lokasi produksi, serta melalui pengujian di laboratorium Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN).

BPOM juga memeriksa fasilitas produksi yang berkaitan dengan Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB). Saat ini, ada 326 kasus gagal ginjal dan satu kejadian suspisius yang tersebar di 27 provinsi di Indonesia, dan 116 kasus sudah dinyatakan sembuh. Enam kasus lain masih menjalani perawatan di RSCM Jakarta.***


×

TAG: #obat
Sumber: kompas.com

BERITA TERKAIT