header

Sedapnya Soto Branggahan bikin Nagih, Jangan Lewatkan Saat Kunjungi Kediri

Senin 13-02-2023 / 01:01 WIB


Sedapnya Soto Branggahan bikin Nagih, Jangan Lewatkan Saat Kunjungi Kediri

BURUHTINTA.co.id - Sambal Tumpang dan Sambal Pecel memang menjadi dua jenis masakan terkenal di Kediri, Jawa Timur. Namun, ada banyak variasi masakan lain yang sangat lezat dan layak dicoba. Salah satunya adalah Soto Branggahan.

Soto Branggahan memiliki beberapa perbedaan dengan soto pada umumnya, seperti kuah yang tidak bening tetapi agak kental karena menggunakan santan kelapa dan bumbu-bumbu seperti lengkuas, kunyit, jahe, kemiri, dan lain-lain. Soto Branggahan dibuat hanya menggunakan ayam kampung dan ditambahkan daun seledri dan kecambah sebagai topping.


Cara penyajian Soto Branggahan juga berbeda dari soto pada umumnya. Soto biasanya disajikan dalam mangkok seukuran dengan bakso, sementara Soto Branggahan disajikan dalam mangkok kecil dengan bentuk seperti cangkir.

Sejak Dahulu Kala

Nama tempat di Ngadiluwih adalah "Branggahan" yang berada di tengah jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Kediri dan Kabupaten Tulungagung. Ada puluhan penjual Soto Branggahan di pinggir jalan yang banyak dijual dari kios semi permanen.


×

Banyak orang memperlakukan rumah mereka seperti warung. Salah satu penjual, Shoimah, sudah 22 tahun berjualan soto Branggahan. Beberapa anggota keluarganya juga mulai berjualan soto. Shoimah tidak tahu pasti kapan orang pertama kali mulai berjualan soto di daerah itu, namun ia mengatakan bisnis ini diturunkan dari generasi ke generasi.

Waktu buka toko soto berbeda-beda, Shoimah misalnya membuka tokonya bersama anak-anaknya dari pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Soto Branggahan menjadi tempat wisata kuliner yang istimewa karena memiliki banyak pedagang dan nama terkenal. Banyak orang yang sengaja pergi ke sana untuk makan soto yang enak. Salah satu tamu, Kristanto Yuntoro Putri, mengatakan bahwa rasanya berbeda dari soto lain dan cara penyajian juga berbeda karena disajikan dalam mangkok kecil yang cocok untuk perut wanita.

Harga semangkuk soto Branggahan berkisar antara Rp. 6.000 dan Rp. Pedagang sering menambahkan bahan-bahan seperti ampela, hati, kue, atau kerupuk kulit ke dalam kesepakatan..***

TAG: #kediri
Sumber:

BERITA TERKAIT