header

VIRAL Sapi Merah dan Dabbah Tanda Kiamat muncul di Israel, Apa Tanda Akhir Zaman dalam Kitab Suci

Kamis 16-02-2023 / 23:18 WIB


VIRAL Sapi Merah dan Dabbah Tanda Kiamat muncul di Israel, Apa Tanda Akhir Zaman dalam Kitab Suci

Dalam Yudaisme arus utama Ortodoks, begitu Kuil dibangun kembali, dunia akan menyambut kedatangan Mesias Yahudi dan manusia akan menghadapi Penghakiman Terakhir. Beberapa teolog meyakini bahwa pembangunan Kuil Ketiga terkait dengan "Hari Penghakiman" atau "akhir zaman".

Dabbah

Yang kedua adalah munculnya foto yang digambarkan sebagai bukti munculnya tanda kiamat di Israel. Foto tersebut menampilkan hewan yang menjadi salah satu tanda kiamat, yaitu Dabbah. Namun berbeda dengan kasus sapi merah yang sebenarnya lahir dan dipelajari, kemunculan Dabbah ternyata hoax yang tersebar secara online.


Foto yang digambarkan sebagai penampakan Dabbah sebenarnya merupakan tangkapan layar dari video berjudul "The Mexican Mole Lizard - Animal of the Week" karya Ben G Thomas. Hewan yang disebut Dabbah ini sebenarnya adalah Mexican Mole Lizard, kadal tak berkaki.

Menurut National Geographic, Bipes biporus, nama ilmiah dari Kadal Mole Meksiko, biasanya ditemukan di Baja California, Meksiko. Kadal tak berkaki biasanya hidup di bawah tanah dan jarang terlihat di permukaan, dengan panjang mencapai 25 cm. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa objek yang diunggah bukanlah foto Dabbah. Seperti dilansir DetikInet, penuturan tersebut menyesatkan karena tidak sesuai dengan kebenaran.

Dalam Islam, Dabbah diyakini sebagai salah satu tanda datangnya kiamat besar atau kiamat qubro. Munculnya Dabbah sebagai tanda hari kiamat dikutip dari salah satu riwayat hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Amr.


×

Masyarakat muslim percaya bahwa Dabbah memiliki ciri-ciri yang mirip dengan hewan melata, hewan berbulu atau berbulu, berkaki empat. Ibnu Abbas, salah seorang sahabat Nabi, menggambarkannya sebagai makhluk berwajah manusia.***

TAG: #hoax
Sumber:

BERITA TERKAIT