header

Puncak Gerhana Bulan Penumbra Menurut Islam, 5 Mei 2023 jam berapa

Jumat 05-05-2023 / 14:27 WIB


Puncak Gerhana Bulan Penumbra Menurut Islam, 5 Mei 2023 jam berapa

BURUHTINTA.co.id - Gerhana bulan penumbra merupakan fenomena langit yang cukup menarik untuk disaksikan. Pada tanggal 5 Mei 2023, umat Islam di seluruh dunia akan menyaksikan puncak gerhana bulan penumbra. Pada kesempatan ini, mari kita bahas tentang puncak gerhana bulan penumbra menurut Islam dan jam berapa gerhana akan terjadi.

Gerhana bulan penumbra terjadi ketika Bulan melintas di dekat bayangan Bumi, sehingga hanya sebagian kecil dari bayangan tersebut yang menutupi Bulan. Hal ini berbeda dengan gerhana bulan total, di mana Bulan sepenuhnya tertutup oleh bayangan Bumi.


Menurut agama Islam, gerhana bulan memiliki makna dan pengaruh yang besar dalam kehidupan manusia. Ada beberapa hadis Nabi yang mengatakan bahwa gerhana bulan adalah tanda kebesaran Allah dan peringatan bagi umat manusia untuk selalu merenungi dan bersyukur atas nikmat yang diberikan-Nya.

Pada tanggal 5 Mei 2023, gerhana bulan penumbra akan mencapai puncaknya pada pukul 19.34 Waktu Indonesia Barat (WIB). Bagi umat Islam di Indonesia, gerhana bulan penumbra ini akan terlihat dengan jelas di seluruh wilayah Indonesia, kecuali di daerah timur Indonesia seperti Papua dan Maluku.

Bagi umat Islam, gerhana bulan penumbra ini juga memiliki makna khusus. Dalam Islam, gerhana bulan menjadi waktu yang tepat untuk melakukan shalat gerhana, yakni shalat sunnah yang dikerjakan ketika terjadi gerhana bulan. Shalat gerhana dilakukan sebagai wujud syukur dan memohon perlindungan kepada Allah SWT.


×

Selain itu, gerhana bulan penumbra juga menjadi waktu yang tepat untuk melakukan zikir dan doa kepada Allah SWT. Umat Islam di seluruh dunia biasanya menjadikan momen gerhana bulan sebagai waktu yang tepat untuk merenungi kebesaran Allah dan berdoa memohon ampun dan keberkahan.

Demikianlah informasi mengenai puncak gerhana bulan penumbra menurut Islam pada tanggal 5 Mei 2023 dan jam berapa gerhana akan terjadi. Semoga kita semua dapat memanfaatkan momen tersebut dengan sebaik-baiknya untuk merenungi kebesaran Allah SWT dan memohon keberkahan-Nya.***

TAG: #gerhana
Sumber:

BERITA TERKAIT