header

Mall Balekota Tangerang: Dari Kejayaan hingga Sepinya, Fenomena Mal yang Ditinggalkan Pengunjung

Jumat 26-05-2023 / 19:19 WIB


Mall Balekota Tangerang: Dari Kejayaan hingga Sepinya, Fenomena Mal yang Ditinggalkan Pengunjung

BURUHTINTA.co.id - Mall Balekota, sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Sudirman, Buaran Indah, Kota Tangerang, menjadi sorotan karena fenomena yang mengejutkan. Tidak hanya mal-mal di DKI Jakarta, mal di pinggiran Jakarta juga mengalami penurunan kunjungan pengunjung dan kekosongan tenant.

Mall Balekota, yang berdiri sejak tahun 2011, kini terlihat sepi dan sunyi. Kejayaan mall ini hanya bertahan selama empat tahun sejak pertama kali beroperasi. Pusat perbelanjaan yang mengusung konsep semioutdoor ala Eropa dengan taman yang hijau dan asri, dulunya menjadi daya tarik bagi pengunjung dan sering dipadati.


Namun, keadaan berbeda terjadi sekarang. Mal Balekota tampak sepi, dan bahkan lintasan tram yang menjadi daya tarik utama juga tidak lagi beroperasi. Pengunjung hanya dapat ditemukan di lantai dasar, sementara lantai 2 dan 3 terlihat lengang dengan hampir semua toko tutup. Hanya tempat bermain anak-anak dan pusat kebugaran serta bioskop yang masih bertahan di lantai tersebut.

Tidak hanya itu, fasilitas-fasilitas seperti pendingin ruangan dan toilet juga hanya dioperasikan untuk lantai dasar. Sementara itu, lantai 2 dan 3 terbengkalai dengan debu yang menumpuk dan sarang laba-laba yang tersebar di berbagai sudut.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi mal ini adalah kurangnya perawatan terhadap area outdoor yang dulunya menjadi daya tarik tersendiri. Area outdoor yang dulunya nyaman dan indah kini terbengkalai dan bahkan pengunjung tidak diizinkan untuk menikmati area tersebut.


×

Pada masa kejayaannya, Mall Balekota dikenal sebagai mal yang ramai dan lengkap. Baik tenant ternama maupun UMKM memiliki tempat di mal ini. Bahkan, salah satu departemen store pernah menyewa dua lantai sekaligus. Namun, saat ini mereka hanya menyewa satu lantai di lantai dasar, mencerminkan penurunan minat dan kegiatan bisnis di mal tersebut.

Lanjut …..

TAG: #tangerang
Sumber:

BERITA TERKAIT