header

Desak Pemekaran Kabupaten Bogor Barat! FKMB2 Minta Dipercepat

Senin 12-06-2023 / 00:40 WIB


Desak Pemekaran Kabupaten Bogor Barat! FKMB2 Minta Dipercepat

BURUHTINTA.co.id - Forum Komunikasi Masyarakat Bogor Barat (FKMB2) mengeluarkan pernyataan tegas, mendesak pemerintah agar segera mempercepat pembentukan Kabupaten Bogor Barat (Kabogbar). Dalam pernyataan yang diungkapkan oleh pengurus FKMB2, Sinwan MZ, masyarakat Bogor Barat merasa kesal dengan keterlambatan dalam merealisasikan pembentukan kabupaten tersebut.

Sejak lama, Kabogbar telah menjadi impian dan aspirasi masyarakat Bogor Barat. Namun, hingga kini impian tersebut belum juga terwujud. Hal ini menimbulkan kekecewaan di berbagai lapisan masyarakat yang telah lama menanti pemekaran wilayah ini.


Menurut Sinwan MZ, ketua FKMB2, banyak politisi yang hanya menggunakan wacana pembentukan Kabogbar sebagai komoditas politik semata, untuk memuluskan langkah mereka menuju DPR RI. Setelah berhasil menjadi anggota DPR, mereka terlihat melupakan janji mereka kepada dapil yang telah memberikan dukungan.

"Kami melihat banyak politisi yang hanya datang saat musim kampanye jelang Pemilu saja, namun setelah menjadi anggota DPR, mereka bahkan sulit dihubungi dan melupakan dapil yang telah mendukung mereka," ungkap Sinwan MZ, yang juga merupakan pengurus FKMB2.

Selain itu, LSM GNPK Kabupaten Bogor juga menyuarakan keprihatinan mereka terhadap minimnya peran legislatif dalam mendorong pembangunan infrastruktur di wilayah Barat Kabupaten Bogor. Koordinator Eknis FPK Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Bogor mengimbau masyarakat untuk lebih selektif dalam memilih anggota DPR agar kesalahan serupa tidak terulang di masa depan.


×

Sinwan menambahkan bahwa pada saat FKMB2 mendesak pembentukan Kabogbar sebagai hak inisiatif, para anggota dewan asal Kabupaten Bogor enggan menandatangani dengan alasan harus memperoleh persetujuan partai terlebih dahulu. Hal ini menjadi hambatan yang memperlambat proses pemekaran wilayah tersebut.

Dalam menghadapi Pemilu tahun 2024, FKMB2 berharap agar putra daerah Bogor Barat dapat duduk di DPR RI dan dengan tegas mendorong pemekaran wilayah tersebut. Masyarakat Bogor Barat sangat berharap bahwa moratorium yang ada dapat dicabut sebelum Pemilu 2024 agar impian mereka untuk memiliki Kabupaten Bogor Barat dapat segera terwujud.

Tuntutan dari FKMB2 ini semakin menguatkan suara masyarakat Bogor Barat yang ingin segera merasakan manfaat dari pembentukan Kabupaten Bogor Barat. Diharapkan pemerintah dapat mendengarkan aspirasi masyarakat dan mengambil langkah konkret untuk mempercepat pemekaran Kabupaten Bogor Barat demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat wilayah tersebut.***

TAG: #bogor
Sumber:

BERITA TERKAIT