header

Gus Baha tentang hidup: Pesan Khusus dari Gus Baha untuk Hidup Bahagia

Minggu 17-09-2023 / 22:24 WIB


Gus Baha tentang hidup: Pesan Khusus dari Gus Baha untuk Hidup Bahagia

BURUHTINTA.co.id - Gus Baha sering berbicara tentang agama dan sosial keagamaan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat. Karena itu, ceramah-ceramahnya sangat diminati oleh berbagai kalangan.

Dalam salah satu video ceramahnya yang diunggah di akun Facebook Ngaji Online pada tanggal 8 September 2023, Gus Baha menjelaskan mengapa susah mencari kebahagiaan. Menurut beliau, hal itu terjadi karena manusia selalu mengejar nafsu.


Menurut Gus Baha, mengejar nafsu berarti selalu memaksakan diri untuk mendapatkan hal-hal yang sebenarnya di luar kemampuan. Contohnya, seseorang yang tahu dirinya sedang dalam keadaan tidak mampu, namun masih ingin membeli mobil mewah atau rumah mewah.

Contoh lain yang diberikan oleh Gus Baha adalah seseorang yang ditakdirkan sebagai biasa-biasa saja, namun ingin dihormati seperti anak Kiai atau keluarga Rasul. Menurutnya, hal tersebutlah yang membuat seseorang merasa tersiksa dan sulit menemukan kebahagiaan.

Gus Baha mengingatkan bahwa hidup harus selalu bahagia dan menerima apa yang telah ditentukan Allah. Apa yang Allah tetapkan pasti memiliki hikmahnya sendiri bagi hamba-Nya. Sebagai contoh, seseorang yang miskin mungkin ditakdirkan agar lebih khusyu dalam beribadah.


×

Gus Baha menyatakan bahwa segala yang terjadi pada kita adalah ketentuan Allah yang harus disyukuri. Itulah kunci kebahagiaan hidup dan agar kita tidak merasa tersiksa secara batin. Kita tidak harus iri dengan kenikmatan orang lain, melainkan menikmati apa yang telah Allah berikan kepada kita.

Demikianlah penjelasan Gus Baha untuk hidup bahagia.

TAG: #gus baha
Sumber:

BERITA TERKAIT