header

Deteksi Keaslian E-Meterai dengan Mencermati Ciri-cirinya dan cek Dengan Peruri Scanner

Selasa 26-09-2023 / 09:13 WIB


Deteksi Keaslian E-Meterai dengan Mencermati Ciri-cirinya dan cek Dengan Peruri Scanner

BURUHTINTA.co.id - Demi menghindari kerugian dan penyalahgunaan data, sangat penting untuk selalu memeriksa keabsahan dari e-meterai atau meterai elektronik. E-meterai adalah bentuk legitimasi digital yang berfungsi sebagai pajak atas dokumen atau berkas yang dihasilkan, dan menurut PP No. 86/2021, e-meterai digunakan dengan membubuhkannya pada dokumen melalui sistem khusus. Namun, tetap waspadai aksi dari pihak yang tidak bertanggung jawab yang melakukan pemalsuan e-meterai. 

Mengingat dokumen yang dikenakan meterai biasanya berisi data rahasia pemilik dan penerima, kebocoran data merupakan risiko utama dari penggunaan e-meterai palsu. Selain itu, pihak yang tidak bertanggung jawab juga melakukan penjualan e-meterai palsu yang merugikan konsumen secara finansial. Sehingga, sangat penting untuk melakukan pengecekan sebelum membeli dan menggunakan e-meterai. 


E-meterai asli dapat ditemukan di situs resmi yang terpercaya seperti PT Peruri Digital Security, PT Finnet Indonesia, PT Mitra Pajakku, PT Mitracomm Ekasarana, dan Koperasi Pegawai Swadharma. Inilah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memeriksa keaslian e-meterai berdasarkan informasi dari situs resmi Peruri: 

1. Pelajari ciri-ciri e-meterai asli

Setiap e-meterai memiliki kode uniknya sendiri, sehingga kode yang sama antara dua e-meterai patut dipertanyakan. Selain itu, pastikan gambar garuda dalam e-meterai juga sesuai dengan yang seharusnya. Perhatikan juga tulisan dan nominal harga yang ada dalam e-meterai. 

2. Cek melalui website resmi Peruri

Anda bisa melakukan pengecekan dengan mengunggah file e-meterai ke kolom yang tersedia, lalu mengisi captcha dan menunggu hasil validasi. Apabila e-meterai asli, detail dokumen termasuk status verifikasi, waktu penandatanganan, dan nomor kode akan terlihat di layar Anda. 

3. Gunakan aplikasi Peruri Scanner


×

Aplikasi ini dapat diunduh dari Play Store atau App Store. Setelah terbuka, letakkan scanner di atas QR code e-meterai Anda dan klik scan. Bila e-meterai asli, informasi seperti lambang Peruri, tanggal dan jam pembelian, serta deretan nomor unik akan muncul di layar handphone Anda. 

Peruri telah melengkapi e-meterai dengan teknologi digital signature X.509 SHA 512 dan tiga fitur keamanan tambahan. Dengan adanya teknologi ini, Peruri Seal pada file hanya bisa terlihat dengan menggunakan Peruri Scanner, entah melalui website atau aplikasi. Jadi, e-meterai palsu tak akan bisa melewati tahap verifikasi ini.***

TAG: #e-materai
Sumber:

BERITA TERKAIT