header

Kasus Alvaro Darren di rs kartika husada jatiasih Bekasi, mati batang otak pasca operasi amandel adalah karena oksigen ke otak terhenti

Rabu 04-10-2023 / 13:35 WIB


Kasus Alvaro Darren di rs kartika husada jatiasih Bekasi, mati batang otak pasca operasi amandel adalah karena oksigen ke otak terhenti

Tragedi Meninggalnya Bocah 7 Tahun Pasca Operasi Amandel: Penyebab Mati Batang Otak dan Dugaan Malpraktik

Bekasi, 4 Oktober 2023 - Sebuah tragedi menyelimuti keluarga seorang bocah berusia 7 tahun berinisial BA, yang berasal dari Bekasi. BA meninggal dunia setelah menjalani operasi amandel di salah satu rumah sakit di daerah tersebut. Kematian ini mengejutkan banyak pihak, dan keluarga menduga adanya malpraktik yang terjadi selama operasi tersebut.


Komisaris RS Kartika Husada Jatiasih, dr. Nidya Kartika Yolanda, memberikan penjelasan terkait kasus ini dalam konferensi pers pada Selasa, 3 Oktober 2023. Dr. Nidya menyatakan bahwa secara normal, mati batang otak bukanlah salah satu risiko yang biasanya terkait dengan operasi amandel. Namun, dia juga menjelaskan bahwa ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan risiko tersebut terjadi.

"Tidak, bukan secara normal. Tapi bisa jadi bukan dari operasi amandelnya sendiri. Kalau dari operasi amandelnya sendiri itu kan, mungkin ada dari yang lain-lainnya," ujarnya.

Dr. Nidya juga mengungkapkan bahwa mati batang otak dapat dipicu oleh kurangnya oksigenasi ke otak. "Coba teman-teman cari, apa sih yang menyebabkan terjadinya mati batang otak? Itu biasanya karena oksigenasi itu tadi, jadi batang otak gunanya untuk mengatur pernapasan," tambahnya.


×

Lebih lanjut, pihak rumah sakit telah mengklarifikasi bahwa pasien BA tidak memiliki kemungkinan infeksi yang berujung pada mati batang otak. Tes laboratorium sebelum operasi amandel menunjukkan bahwa pasien tidak mengalami infeksi. "Infeksi, kondisi infeksi ini pertama kita pemeriksaan laboratorium, dari pemeriksaan lab saya masih ingat, leukosit pasien ini cuma 10 ribu, di mana ini tidak termasuk ada suatu infeksi," jelas dr. Nidya.

Sementara keluarga BA tetap menduga adanya malpraktik dalam operasi tersebut, kasus ini akan terus diselidiki oleh pihak berwenang untuk mencari tahu penyebab pasti kematian tragis bocah berusia 7 tahun ini setelah menjalani operasi amandel.

Sumber:

BERITA TERKAIT