header

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dari partai apa, suasana kantor partai Nasdem

Rabu 04-10-2023 / 14:41 WIB


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dari partai apa, suasana kantor partai Nasdem

Suasana Kantor Partai NasDem Pasca Hilang Kontak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Eropa

Jakarta, 4 Oktober 2023 - Suasana Kantor DPP Partai NasDem tampak lenggang pasca mencuat isu Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) 'hilang' kontak di Eropa usai dikabarkan menjadi tersangka korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).


Tidak terlihat penjagaan ketat di sekitar kantor NasDem atau NasDem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2023). Namun, dua pos penjagaan yang berada di samping kiri dan kanan NasDem dijaga petugas keamanan.

Di halaman NasDem Tower, mobil merk Alphard dan Lexus terparkir rapi. Namun, berdasarkan keterangan resepsionis NasDem Tower, tak ada agenda atau kegiatan khusus yang digelar NasDem hari ini.

Menurut salah satu resepsionis yang bertugas, aktivitas di kantor NasDem saat ini normal. Para kader berdatangan di NasDem Tower seperti biasa.


×

Sejauh ini, sejumlah kendaraan pun tampak telah meninggalkan NasDem Tower. Meski begitu, tak terlihat wajah-wajah para pimpinan Partai NasDem.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah dinas dan kantor Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). Total Rp 30 miliar diamankan KPK dari rumah dinas SYL.

Penggeledahan di rumah dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) diketahui terjadi pada Kamis 28 September hingga Jumat 29 September 2023. Selain uang, diketahui tim penyidik KPK juga menemukan 12 pucuk senjata api.

Belum Kembali dari Dinas

Semenjak dibidik KPK ini, Mentan SYL belum kembali dari perjalanan dinasnya di Eropa. Bahkan, dia dikabarkan 'hilang'.

Namun, pihak NasDem membantah kabar tersebut. Bendahara Umum (Bendum) Partai NasDem Ahmad Sahroni mengatakan, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau SYL bakal kembali ke Indonesia pada Kamis, 5 Oktober 2023.

"Pak Mentan lagi ada giat lain yang memang sudah terjadwal. Tapi Pak Mentan akan masuk Indonesia tanggal 5 Oktober," kata Sahroni saat dikonfirmasi, Selasa (3/10/2023).

Sahroni menyampaikan, Syahrul Yasin Limpo mendapat titah dari Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh agar segera kembali ke Indonesia. Nantinya, Mentan Syahrul Yasin Limpo akan menghadap Surya Paloh dahulu setibanya di Indonesia.

Kunjungan Kerja di Spanyol

Di sisi lain, Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi mengatakan, saat ini pihaknya tengah mencari keberadaan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, yang dikabarkan menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Harvick mengatakan Kementan belum mendapat kabar dari Syahrul, yang melakukan kunjungan kerja ke Spanyol dan Italia sejak akhir September 2023.

"Jadi sampai hari ini kita terus mencari keberadaan Pak Menteri karena memang sampai detik ini kita belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri sampai hari ini," jelas Harvick kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/10/2023).

TAG: #nasdem
Sumber:

BERITA TERKAIT