header

Wilmar di Wilayah Seruyan: Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Kemitraan PT Mustika Sembuluh dan Kelompok Tani Menabur Benih Menuai Hasil

Selasa 24-10-2023 / 10:37 WIB


Wilmar di Wilayah Seruyan: Meningkatkan Ketahanan Pangan Melalui Kemitraan PT Mustika Sembuluh dan Kelompok Tani Menabur Benih Menuai Hasil

Seruyan, 24 Oktober 2023 - PT Mustika Sembuluh, sebuah perusahaan yang berfokus pada pengolahan kelapa sawit di wilayah Central Kalimantan, telah menjalin kemitraan yang kuat dengan Kelompok Tani Menabur Benih Menuai Hasil di Desa Bangkal, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan. Kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan mendukung perkembangan masyarakat setempat.

Sebagai bagian dari komitmennya, Wilmar memberikan lahan seluas 30 hektar kepada kelompok tani ini untuk ditanami dengan berbagai jenis tanaman pangan. Awalnya, masyarakat di desa tersebut mengalami kesulitan dalam mengelola lahan tersebut, dan hasil pertanian mereka pun kurang memuaskan.


Namun, pada tahun 2019, kelompok tani ini mulai bekerjasama dengan PT Mustika Sembuluh. Bantuan yang diberikan oleh perusahaan ini membantu mereka membuat terobosan yang signifikan. Suharno, Ketua Kelompok Tani Menabur Benih Menuai Hasil, menyatakan, "Dengan bantuan perusahaan, kami bisa bergerak. Saat mengalami pandemi, kami sudah panen jagung. Dengan kemandirian, kami tidak kekurangan pangan di sini. Bantuan luar biasa, ada untuk pengerukan tanah, tadinya tidak punya air, sekarang dibuatkan kolam."

Kemitraan ini telah membantu masyarakat setempat tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka sendiri, tetapi juga untuk memasok hasil pertanian ke perusahaan. Dari lahan seluas 30 hektar, masyarakat kini telah menggarap 20 hektar dan menanam berbagai jenis tanaman, termasuk sayuran, jagung, kacang tanah, kacang panjang, terong, dan lain-lain.

Subandi, yang memberikan hibah lahan kepada kelompok tani, sangat mendukung kerjasama ini. Dia berharap agar kelompok tani ini dapat menjadi contoh bagi kelompok tani lainnya, dan menciptakan ketahanan pangan yang lebih baik. Subandi menyatakan, "Ketahanan pangan sangat penting. Selain dapat memenuhi kebutuhan sendiri, petani juga mendapatkan tambahan pengetahuan dalam mengelola lahan dari perusahaan."


×

Hendra Lubis, Estate Manager PT Mustika Sembuluh I, menjelaskan bahwa perusahaan memberikan bantuan peralatan dan pendampingan bagi kelompok petani yang telah ada sejak 2007. Ia menegaskan, "Sebelumnya ada (kerja sama) tapi tidak terlalu banyak. Saat terkena pandemi, masyarakat diminta untuk meningkatkan ketahanan pangan. Kami hadir di sini untuk ikut bekerja sama membantu kelompok tani agar berkembang lebih baik."

Kemitraan antara PT Mustika Sembuluh dan Kelompok Tani Menabur Benih Menuai Hasil di Desa Bangkal ini menjadi contoh nyata bagaimana perusahaan dapat berkontribusi secara positif dalam meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat lokal. Diharapkan bahwa kerjasama semacam ini akan menjadi inspirasi bagi upaya serupa di seluruh Indonesia.

Sumber:

BERITA TERKAIT