header

Ringkasan cerita novel, siapakah pemeran Siti Nurbaya - Novia Kolopaking

Kamis 19-01-2023 / 03:09 WIB


Ringkasan cerita novel, siapakah pemeran Siti Nurbaya - Novia Kolopaking

BURUHTINTA.co.id – Pengarang novel Siti Nurbaya yaitu Marah Roesli telah meninggal dunia di usia 79 tahun. Beliau dipandang sebagai pendiri sastra Indonesia modern karena novelnya tersebut.

Novel Siti Nurbaya bercerita mengenai kisah cinta remaja Samsul Bahri dan Siti Nurbaya. Namun Siti Nurbaya tidak punya pilihan selain menikah dengan Datuk Meringgih yang kaya tapi kejam. Pernikahan ini terjadi karena ayah Siti Nurbaya berutang uang kepada Datuk Meringgih.


Novel Siti Nurbaya telah diterjemahkan ke banyak bahasa. Pada tahun 1963, diterjemahkan ke dalam bahasa Malaysia. Buku ini pun diangkat menjadi sinetron yang disutradarai oleh Dedi Setiadi dan menjadi favorit penonton TVRI pada tahun 1991.

Berikut uraian tentang tiga tokoh utama dalam sinetron Siti Nurbaya (1990-1991)

  1. Novia Kolopaking

Siti Nurbaya adalah sinetron yang tayang dari tahun 1990 hingga 1991. Novia Kolopaking berperan sebagai Siti Nurbaya.


×

Novia lahir pada tanggal 9 November 1972, dan bernama lengkap Novia Sanganingrum Saptarea Kolopaking. Ia lahir di kota Bandung Jawa Barat.

Novia Kolopaking sudah waktu itu sudah terkenal sebagai penyanyi dan pemeran berbagai drama televisi.

Namun Novia Kolopaking menjadi sangat terkenal saat memerankan Ibu di sinetron Keluarga Cemara. Dan selanjutnya juga dikenal sebagai pemeran Siti Nurbaya.

  1. HIM Damsyik

HIM Damsyik adalah seorang penari dan aktor kawakan. Namanya makin terkenal setelah berperan sebagai Datuk Meringgi di sinetron TVRI Siti Nurbaya.

HIM Damsyik lahir pada 14 Maret 1929 di Teluk Betung, Lampung. Kedua orang tuanya lahir di Minangkabau dan bersekolah di Minang.

Awalnya, Damsyik bekerja sebagai koreografer pada film-film buatan Wim Umboh. Pada tahun 1959, ia mulai menayangkan film di Bertamasja. Dia tidak berhenti berakting sampai tahun 1981. Namun sebelum tahun 1994, Damsyik tercatat telah bermain di 62 film.

HIM Damsyik meninggal dunia di RS Cinere Depok, Jawa Barat, pada 3 Februari 2012. Setelah dirawat di RS MMC Kuningan selama sebulan.

  1. Gusti Randa

Gusti Randa Malik, S.H. adalah seorang aktor, pengacara, dan politisi. Ia adalah ayah dari aktor Dewa Dayana dan suami dari penyanyi Nia Paramitha. Ia berperan sebagai Samsul Bahri dalam serial Siti Nurbaya.

Gusti Randa Malik lahir pada tanggal 15 Agustus 1965 di Jakarta. Ia kuliah di Universitas Pancasila dan mendapat gelar sarjana hukum.

Gusti Randa Malik pernah menjadi bintang sinetron Abad 21 tahun 1996. Dia berperan sebagai Andre di sinetron itu. Pada tahun 2000, ia memerankan tokoh utama, Amir, di sinetron Aku Ingin Pulang.

Gusti Randa Malik membuat film Marsinah pada bulan April 2002. Ia juga merupakan Pengurus Besar PSSI dan merupakan pelaksana tugas ketua organisasi tersebut.***

TAG: #sinetron
Sumber:

BERITA TERKAIT

Amanda Manopo pemeran Andin pada Sinetron Ikatan Cinta, dia jadi Reyna Dewasa

Kamis / 02-02-2023,15:21 WIB

Andin meninggal dunia karena kecelakaan lalu lintas

Amanda Manopo pemeran Andin pada Sinetron Ikatan Cinta, dia jadi Reyna Dewasa

Darna film drama dari negara mana – filipina, pemeran pakaian seksi

Minggu / 22-01-2023,20:09 WIB

Darna telah melalui proses sensor di KPI

Darna film drama dari negara mana – filipina, pemeran pakaian seksi