header

Istri Pejabat Desa (PKK) se Kabupaten Jombang Pelesiran ke Jakarta dengan Dana Desa, berita lama diGoreng lagi

Kamis 09-02-2023 / 12:07 WIB


Istri Pejabat Desa (PKK) se Kabupaten Jombang Pelesiran ke Jakarta dengan Dana Desa, berita lama diGoreng lagi

BURUHTINTA.co.id – Beberapa grup whatsapp banyak mem-viralkan video yang berisi berita para istri pejabat desa (ibu-ibu PKK) se-Kabupaten Jombang Jawa Timur plesiran ke Jakarta yang diduga menghabiskan milyaran rupiah yang bersumber dari dana desa.

Sesungguhnya itu adalah berita 7 tahun lalu dengan sumber utama dari CNN Indonesia pada  Senin, 08 Agustus 2016 23:00 WIB


Berita nya juga sangat sumir: Saat Presiden Joko Widodo memerintahkan seluruh pemerintah daerah agar melakukan rasionalisasi anggaran, warga Kabupaten Jombang, Jawa Timur, justru dibuat geram dengan ulah para istri pejabat yang berwisata menggunakan anggaran dana desa hingga miliaran rupiah. Foto mereka pun tersebar di media sosial.

Hanya itu text berita yang muncul. Mungkin karena hanya berita video, dan itu hanya sedikit keterangan yang menjelaskan video tersebut.

Kami rangkum dari https://mediaindonesia.com/nusantara/60831/pelesir-ibu-pkk-pakai-dana-desa


×

Perjalanan ibu-ibu PKK ke Jakarta terungkap setelah Zubairi, seorang warga, mengunggah foto mereka di Facebook. Ada empat foto rombongan yang berangkat menggunakan Batik Air.

Zubairi mengatakan, rombongan terdiri dari 21 camat PKK, 306 kades PKK, 21 camat, dan seluruh kepala dinas. Rombongan diperkirakan mencapai 400 orang.

Menanggapi kritik tersebut, Bupati Jombang (periode waktu itu) Nyono Suharli Wihandoko mengakui perjalanan delegasi PKK ke Jakarta dibiayai dari dana desa. Penggunaan dana tersebut sesuai dengan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

“Penggunaan dana untuk kegiatan ini sudah sesuai dengan UU Desa No. 06 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa. Ada ketentuan hukumnya. Tidak ada ketentuan hukum yang dilanggar karena ini kegiatan pemberdayaan PKK,” tandasnya.

Ia menjelaskan anggaran perjalanan ke Jakarta itu sesuai dengan bantuan operasional PKK. Setiap kades PKK diberi anggaran Rp 3 juta dari APBDes. “Ada juga kepala desa PKK yang tidak ikut karena tidak dianggarkan dalam APBDes.  Rombongan PKK kabupaten ke Jakarta juga diambil dari BOP ini,” ujarnya.

Perjalanan PKK ke Jakarta, lanjutnya, dilakukan setelah mendapat surat dari Pemprov Jatim. Kabupaten Jombang didaulat memamerkan kekayaan budaya, kesenian, dan produk lokalnya di paviliun Jawa Timur yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

“Agendanya adalah memamerkan produk-produk lokal kita. Kalau ada anggapan bahwa PKK ke Jakarta untuk berlibur itu wajar, karena masyarakat tidak tahu bahwa yang kita lakukan juga untuk kebaikan Jombang,” kata Nyono Suharli.

Di bawah ini video yang diviralkan tersebut:

TAG: #jombang
Sumber:

BERITA TERKAIT