header

Menjelajahi Keindahan Desa Bangbayang di Sumedang, Wilayah Terluas dengan Penduduk Paling Sedikit

Senin 13-02-2023 / 00:22 WIB


Menjelajahi Keindahan Desa Bangbayang di Sumedang, Wilayah Terluas dengan Penduduk Paling Sedikit

BURUHTINTA.co.id – Asyik banget nich Desa Bangbayang di Sumedang, wilayah desa paling luas namun dengan jumlah penduduk paling sedikit. Lebih menarik adalah pada Desa Bangbayang terdapat Kawasan wisata alam yang keindahan hutan, sungai dan danau yang berbatasan atau bahkan berbaur dengan lingkungan hunian penduduk desa.

Wilayah Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang di Jawa Barat terbagi menjadi 15 desa, dengan mayoritas bernama Desa Swadana. Di antara ke-15 desa tersebut, Desa Bangbayang memiliki luas wilayah terluas, sekitar 754 hektar. Namun, meskipun menjadi desa terluas di Kecamatan Situraja, jumlah penduduknya hanya sebanyak 954 orang.


Menurut Kepala Desa Bangbayang Umar, potensi terbesar desa ini adalah bidang pertanian. Hal ini terlihat dari luasan lahan yang mayoritas digunakan untuk pertanian dan menjadi mata pencaharian utama penduduk.

“Hasil rekap jumlah penduduk Desa Bangbayang per 30 Desember 2023 menunjukkan jumlah 954 orang dengan 328 keluarga. Terdiri dari 487 laki-laki dan 467 perempuan,” ujar Umar.

Kawasan Wisata


×

Kepala Desa Bangbayang, Umar mengungkapkan bahwa desanya memiliki potensi wisata yang luar biasa, selain sebagai lahan pertanian. Desa Bangbayang memiliki kawasan wisata yang berpusat di Pasir Munjul dan dapat dicapai melalui kampung Sadarayna. Pengunjung akan disambut oleh Pendopo Dewi Candra Wulan sebagai bangunan utama kawasan wisata.

Di kawasan Pasir Munjul, terdapat situs makam keramat di puncak Pasir Munjul, lokasi kemping bernama Samida Hyang Camp di sebelah timur, dan Lapangan Sepakbola Tanjunganom Desa Bangbayang. Kawasan ini sudah resmi dikembangkan menjadi kawasan wisata religi atau ziarah dan kawasan wisata alam, berdasarkan Surat Keputusan dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumedang.

Jadilah salah satu dari 954 penduduk Desa Bangbayang dan nikmati keindahan kawasan wisata ini.***

TAG: #sumedang
Sumber:

BERITA TERKAIT