header

Gambaran Kota Saranjana Menurut Mansyur Sejarawan ULM, apakah itu Ada di Kalimantan dan film Saranjana Kota Gaib kapan rilis

Sabtu 25-02-2023 / 01:50 WIB


Gambaran Kota Saranjana Menurut Mansyur Sejarawan ULM, apakah itu Ada di Kalimantan dan film Saranjana Kota Gaib kapan rilis

BURUHTINTA.co.id - Saranjana dikenal sebagai kota mistis di pulau Kalimantan dengan peradaban yang sangat maju yang menampilkan gedung pencakar langit yang menjulang tinggi, menyerupai alam mimpi.

Masyarakat Kalimantan atau Borneo telah menjadikan kisah Saranjana menjadi legenda karena tidak ada di peta Indonesia. Itu dianggap tidak terlihat oleh mata telanjang dan hanya dapat dirasakan oleh mereka yang memiliki penglihatan spiritual. Ada banyak akun tentang keberadaannya.


Mansyur, seorang sejarawan dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM), menulis sebuah artikel berjudul "Saranjana dalam Catatan Sejarah: Kota Gaib di Pulau Laut, Kalimantan Selatan" di mana ia menawarkan tiga penjelasan berbeda untuk lokasi Saranjana.

Baca juga: Viral VIDEO TikTok Mahalini Salah Lirik Hati Terkunci Kembali dari Lagu Kisah Sempurna

Menurut iterasi pertama, Saranjana terletak di Kotabaru, Kalimantan Selatan. Versi kedua mengatakan kota ini terletak di Teluk Tamiang di Pulau Laut, sedangkan versi ketiga menggambarkannya terletak di sebuah bukit kecil di Desa Oka-oka, Kecamatan Kelautan Pulau Laut, Kalimantan Selatan, yang berbatasan dengan laut. Meski dianggap angker oleh penduduk setempat, lokasi ini menjadi tujuan wisata yang menarik.


×

Meski berbagai catatan sejarah membenarkan keberadaan Saranjana, namun kota tersebut telah menghilang. Namun, kisah peradaban dunia lain Saranjana masih bertahan di masyarakat.

Peta Salomon Muller

Berdasarkan catatan sejarah, nama Saranjana dapat ditelusuri kembali ke masa kolonial Hindia Belanda. Pada tahun 1845, seorang naturalis Jerman bernama Salomon Muller memasukkan lokasi yang disebutnya sebagai Tandjong (hoek) Serandjana dalam petanya yang berjudul "Kaart van de Kust-en Binnenlanden van Banjermasing behoorende tot de Reize in het zuidelijke gedelte van Borneo" (peta pesisir dan pedalaman Kalimantan).

Lanjut ….

TAG: #film
Sumber:

BERITA TERKAIT