header

Cidera David Diffuse Axonal Brain Injury itu apa, adalah trauma otak akibat benturan sehingga anak petinggi GP Ansor itu KOMA

Sabtu 25-02-2023 / 11:58 WIB


Cidera David Diffuse Axonal Brain Injury itu apa, adalah trauma otak akibat benturan sehingga anak petinggi GP Ansor itu KOMA

BURUHTINTA.co.id - Hingga saat ini, kasus penganiayaan oleh Mario Dandy Satriyo terhadap David, seorang anak pengurus GP Ansor, masih berlanjut. Mario Dandy Satriyo telah ditetapkan sebagai tersangka atas tindakan penganiayaannya. Sementara itu, korban David saat ini masih dalam keadaan tidak sadarkan diri akibat dari tindakan tersebut. Menurut penjelasan Ahmad Taufiq, seorang anggota Bidang Cyber dan Media PP GP Ansor serta rekan dari ayah korban, David mengalami diffuse axonal injury.

Diffuse Axonal injury adalah sebuah jenis cedera otak traumatis yang terjadi ketika otak dengan cepat bergeser di dalam tengkorak saat terjadi cedera. Pada DAI, serat penghubung panjang di otak yang disebut akson terpotong saat otak berakselerasi dan melambat dengan cepat di dalam tulang tengkorak yang keras. Cedera ini biasanya menyebabkan kerusakan pada banyak bagian otak dan dapat menyebabkan kehilangan kesadaran atau koma.


Meskipun perubahan di otak sulit dideteksi menggunakan pemindaian CT atau MRI, beberapa gejala umum dari DAI meliputi kebingungan, sakit kepala, mual atau muntah, mengantuk atau kelelahan, kesulitan tidur, tidur lebih lama dari biasanya, kehilangan keseimbangan atau pusing. Gejala-gejala ini bervariasi tergantung pada area otak yang rusak dan dapat berlangsung selama enam jam atau lebih.

Diffuse axonal injury adalah salah satu jenis cedera otak traumatis yang paling umum dan juga paling merusak karena kerusakan yang ditimbulkannya pada berbagai bagian otak.

Pengobatan

Dalam kasus diffuse axonal injury, tindakan segera yang harus diambil adalah mengurangi pembengkakan di dalam otak, karena pembengkakan dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada otak. Pada kasus tertentu, rangkaian steroid dapat diberikan untuk membantu mengurangi pembengkakan, namun tidak ada operasi yang tersedia untuk mengobati DAI.


×

Ketika cedera sangat parah, ada kemungkinan keadaan vegetatif atau bahkan kematian. Meskipun demikian, rehabilitasi masih mungkin dilakukan pada kasus DAI yang ringan hingga sedang. Program pemulihan akan disesuaikan dengan kebutuhan individu dan dapat mencakup terapi berbicara, fisik, rekreasi, dan pekerjaan yang berhubungan dengan terapi, serta pelatihan peralatan adaptif dan penyuluhan.

Penting untuk diketahui bahwa banyak orang tidak selamat dari diffuse axonal injury, dan sejumlah besar orang yang selamat dari cedera tersebut tidak pernah sadar kembali. Mereka yang berhasil sadar kembali setelah DAI, masih mungkin mengalami masalah jangka panjang bahkan setelah rehabilitasi. Namun, pemulihan total dapat terjadi pada kasus yang sangat ringan.

Diffuse axonal injury adalah jenis cedera otak traumatis yang serius dan umum. Meskipun bisa berakibat fatal, masih ada harapan untuk pulih dari cedera ini dengan rehabilitasi intensif.***

Sumber:

BERITA TERKAIT