header

Viral Video Instagram Rombongan Truk Kabur dari Erupsi Awan Panas Letusan Gunung Merapi

Minggu 12-03-2023 / 13:13 WIB


Viral Video Instagram Rombongan Truk Kabur dari Erupsi Awan Panas Letusan Gunung Merapi

BURUHTINTA.co.id - Pada Sabtu, 3 November 2023 pukul 12.12 WIB, Gunung Merapi mengalami erupsi dan BPPTKG meminta masyarakat untuk menjauhi puncak dan area sekitar 7 kilometer di sekitarnya. Sejumlah truk pasir di sekitar Gunung Merapi tidak dapat bekerja akibat erupsi tersebut.

Ketika asap mulai bergejolak, para sopir truk yang hendak menambang pasir di gunung itu segera berbalik arah. Cuplikan video dari akun Instagram @romansasopirtruck memperlihatkan bagaimana para sopir truk berusaha menghindari erupsi Gunung Merapi, yang terlihat dari Ngori, Srumbung, Magelang.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)


Dalam keterangan video tersebut, Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, mengatakan bahwa para sopir truk sering menghadapi kondisi ini ketika mereka menambang pasir di sungai di kaki Gunung Merapi.

Namun, situasi ini masih menimbulkan kepanikan karena mereka harus segera menyelamatkan truk mereka sebelum lahar mencapai sungai.

Menanggapi video tersebut, Sony mengatakan bahwa para pengemudi truk seharusnya tidak berada di area berbahaya dan seharusnya ditangkap dalam situasi ini. Manajemen harus menyiapkan rencana penyelamatan dengan sinyal dan cara untuk mendapatkan bantuan. Jika tidak, para sopir truk harus hati-hati, tertib, tenang, dan terampil dalam melakukannya agar tidak gagal dalam beberapa hal, seperti tidak bisa bergerak, terbalik, atau menabrak mobil lain.***


×

Sumber:

BERITA TERKAIT