header

Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru kabar hari ini, Video CCTV terkini

Jumat 24-03-2023 / 22:51 WIB


Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru kabar hari ini, Video CCTV terkini

BURUHTINTA.co.id - Pada hari Jumat (24/3/2023) pukul 11.30 WIB, permukiman warga di Desa Sumberluwuh, Lumajang, Jawa Timur, kembali diterjang banjir lahar dingin hujan Gunung Semeru. Sebanyak lima rumah dan satu bangunan masjid terendam banjir lahar dingin sebagai akibat dari debit air banjir yang melebihi batas normal, yang tercatat di seismograf. Namun, beberapa jam setelahnya, aliran lahar mulai surut.

Saat ini, warga dibantu oleh aparat gabungan dari BPPD dan Polri dalam membersihkan rumah-rumah mereka dari sisa material banjir. Namun, korban banjir lahar dingin ini harus mengungsi ke rumah-rumah kerabat mereka yang tidak jauh dari rumah mereka. Perlu diketahui, rumah-rumah penduduk yang terendam banjir lahar dingin Semeru berada di daerah aliran sungai, seperti Sungai Curah Kobokan.


Warga diimbau untuk tetap tenang karena sebelumnya telah ada peringatan dini mengenai aliran lahar dingin Gunung Semeru yang dapat diprediksi, terutama dari rekaman CCTV yang berada di puncak Semeru maupun di daerah aliran sungai. Meskipun begitu, warga tetap diminta untuk waspada karena Gunung Semeru masih terus berfluktuasi dan dipertahankan di level siaga.

BPBD Lumajang meminta warga yang terisolasi akibat banjir lahar Semeru untuk bersedia dievakuasi.

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, mengatakan bahwa logistik pemerintah sudah siap untuk didistribusikan, namun debit air yang belum surut menyulitkan pengiriman bantuan logistik. Saat ini, sebanyak 470 jiwa mengungsi di atas bukit di dusun tersebut.


×

Wawan menyebut bahwa pihaknya sedang berkomunikasi dengan perangkat desa setempat agar mau dievakuasi ke seberang sungai. Jika tidak dievakuasi, dan terjadi banjir susulan, logistik dipastikan tidak bisa sampai ke tempat pengungsian warga. Wawan menekankan pentingnya evakuasi agar warga tidak kekurangan bantuan logistik, terlebih dalam situasi puasa seperti ini. BPBD Lumajang juga siap untuk memberikan tenda pengungsian kepada warga yang membutuhkan.***

Sumber:

BERITA TERKAIT