header

Pendaftaran Bintara Polri 2023 dan contoh surat permohonan menjadi anggota polri

Sabtu 01-04-2023 / 11:30 WIB


Pendaftaran Bintara Polri 2023 dan contoh surat permohonan menjadi anggota polri

Pendaftaran Bintara Polri 2023 sudah dibuka untuk masyarakat yang ingin bergabung dengan kepolisian sebagai anggota Bintara. Kepolisian Republik Indonesia atau Polri merupakan lembaga keamanan negara yang bertugas menjaga ketertiban umum dan melayani masyarakat. Pada kesempatan ini, kita akan membahas persyaratan dan tahapan pendaftaran Bintara Polri 2023.

Persyaratan Pendaftaran Bintara Polri 2023

  1. Warga negara Indonesia
  2. Usia minimal 17 tahun dan maksimal 22 tahun per 1 Januari 2023
  3. Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat atau sedang menempuh pendidikan
  4. Tidak memiliki tato dan bekas tato serta tidak menggunakan narkotika dan zat adiktif lainnya
  5. Tinggi badan minimal 165 cm (laki-laki) dan 160 cm (perempuan)
  6. Sehat jasmani dan rohani
  7. Tidak memiliki catatan kriminal

Tahapan Pendaftaran Bintara Polri 2023

  1. Pendaftaran online Pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi Polri pada tanggal 1 April hingga 30 April 2023. Calon peserta diharuskan mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah berkas-berkas persyaratan.
  2. Seleksi administrasi Setelah pendaftaran online selesai, calon peserta akan mengikuti seleksi administrasi. Seleksi administrasi terdiri dari verifikasi data, seleksi administrasi dokumen, dan tes kesehatan.
  3. Seleksi akademik Calon peserta yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi akademik yang terdiri dari tes tertulis dan psikotes. Tes tertulis meliputi mata pelajaran umum seperti Bahasa Indonesia, Matematika, dan Pengetahuan Umum. Sedangkan psikotes digunakan untuk mengukur kepribadian dan kemampuan psikologis.
  4. Seleksi jasmani Calon peserta yang lolos seleksi akademik akan mengikuti seleksi jasmani yang terdiri dari tes lari, push-up, dan sit-up. Tes jasmani bertujuan untuk mengukur kemampuan fisik dan kesehatan jasmani calon peserta.
  5. Seleksi wawancara Calon peserta yang lolos seleksi jasmani akan mengikuti seleksi wawancara dengan panitia seleksi. Seleksi wawancara digunakan untuk mengukur kemampuan berkomunikasi dan kepribadian calon peserta.
  6. Pengumuman kelulusan Setelah melewati seluruh tahapan seleksi, pengumuman kelulusan akan diumumkan melalui website resmi Polri. Calon peserta yang dinyatakan lolos seleksi akan mengikuti pendidikan di sekolah Bintara Polri.

Kesimpulan

Pendaftaran Bintara Polri 2023 telah dibuka dan calon peserta dapat mendaftar secara online pada tanggal 1 April hingga 30 April 2023. Persyaratan pendaftaran meliputi syarat umum, pendidikan, kesehatan, dan kepribadian.


×

Lanjut …..

TAG: #polisi
Sumber:

BERITA TERKAIT