header

Film Avatar 2 dengan format High Frame Rate (HFR), 48 fps 2D & 3D

Kamis 15-12-2022 / 20:03 WIB


Film Avatar 2 dengan format High Frame Rate (HFR), 48 fps 2D & 3D

BURUHTINTA.co.id - Berbagai bioskop di Indonesia sudah menayangkan Avatar 2: The Way of Water. Format hebring yang dipakai adalah HFR, apa itu ?

High Frame Rate adalah singkatan dari HFR. Frame rate pada film atau video game adalah jumlah frame yang ditampilkan dalam satu detik.


Mashable mengatakan bahwa selama sekitar satu abad, film telah ditayangkan dengan kecepatan 24 bingkai per detik. Namun dalam beberapa tahun terakhir, beberapa film telah memutuskan untuk mencoba format yang disempurnakan.

Trilogi Hobbit oleh Peter Jackson dan Gemini Man oleh Ang Lee sama-sama ditayangkan di bioskop dengan pemutaran HFR, yang jauh lebih cepat daripada 24 fps. Anda dapat melihat bahwa gambar terlihat lebih realistis dalam klip video Gemini Bathing di bawah ini. Semuanya bekerja dengan sangat baik sehingga terasa seperti para aktor ada di sana bersama Anda.

Baca juga: Penggelapan 2 triliun uang kripto nasabah oleh Sam Bankman-Fried CEO FTX


×

Hanya saja, karena berbagai alasan, banyak orang yang tidak menyukai HFR. Pertama, kebanyakan orang tidak tahu bagaimana menghadapinya. Kedua, dan ini mungkin lebih penting, menonton Gemini Man pada 120fps di layar lebar bisa meresahkan. Tetap saja, cara HFR digunakan dalam Avatar: The Way of Water mungkin sedikit lebih enak.

James Cameron, pembuat Avatar, telah berbicara tentang bagaimana HFR akan digunakan dalam The Way of Water dalam beberapa wawancara. Bagian dari film akan ditampilkan pada 24fps biasa, sedangkan bagian lain akan ditampilkan pada 48fps. Namun, dalam 2D, efek ini tidak akan terasa.

Cameron memberi tahu Yahoo News, "Satu hal yang saya tahu pasti adalah bahwa 48 bingkai tidak banyak membantu film 2D, jika sama sekali." "Ini benar-benar tentang membuat segalanya lebih baik dalam 3D."

Baca juga: Bahaya streaming nonton Yalla Shoot, ini yang aman : Koor Live, Migi dan Yacine TV

Baca juga: Dunia meta multi verse dalam animasi Spider-Man: Across the Spider-Verse

Cameron mengatakan, pemandangan bawah air akan ditampilkan dengan kecepatan 48 frame per second (fps). Hal yang sama berlaku untuk bidikan pemandangan dari udara dan bidikan lain dari luar. Namun dia memperjelas bahwa HFR paling sering terlihat saat terjadi sesuatu di bawah air.

Cameron mengatakan bukan ide bagus untuk menggunakan HFR untuk adegan lain yang kurang penting.

"Tidak perlu jika hanya orang yang duduk-duduk berbicara atau berjalan-jalan dan berbicara, atau gambar yang berubah perlahan," katanya kepada Yahoo News. "Jadi triknya adalah mencari tahu kapan dan di mana menggunakannya."

Jika Na'vi ada di darat, semuanya akan terlihat seperti biasanya. Jika mereka menyelam ke lautan Pandora, mereka akan melihat aksi halus yang akan membuat Anda tercengang.***

TAG: #film
Sumber:

BERITA TERKAIT