header

Memori Era Ikonik Barcelona: Sergio Busquets Tinggalkan Klub Setelah Masa Sukses

Kamis 11-05-2023 / 13:41 WIB


Memori Era Ikonik Barcelona: Sergio Busquets Tinggalkan Klub Setelah Masa Sukses

BURUHTINTA.co.id - Mengumumkan kepergiannya dari Barcelona pada Juni lalu di akhir kontraknya, Sergio Busquets mendapat curahan pujian dari komunitas sepakbola. Di Instagram, dia menyatakan, “Saatnya telah tiba untuk mengumumkan bahwa ini adalah musim terakhir saya di Barcelona.

Ini merupakan perjalanan yang tak terlupakan." Selama bertahun-tahun, Busquets memenangkan Liga Champions tiga kali bersama Barcelona dan La Liga dalam delapan kesempatan sebelum musim ini, dan tim Katalan bersiap meraih kemenangan untuk pertama kalinya dalam empat tahun.


Gelandang berusia 34 tahun itu menjadi pemain kunci Barca sejak membobol tim utama pada 2008 di bawah asuhan Pep Guardiola, dan menjadi kapten klub pada 2021. Dengan 718 penampilan, Busquets berada di urutan ketiga dalam daftar penampilan sepanjang masa Barcelona. dan telah mengangkat 31 piala. Dalam pernyataannya, Busquets mengatakan, "Meskipun ini bukan keputusan yang mudah, saya pikir waktunya telah tiba."

Busquets adalah pemain terakhir dari era ikonik dalam sejarah Barcelona. Rekan setimnya, termasuk Xavi, Pedro, Lionel Messi, Gerard Pique, Andres Iniesta, Dani Alves, Luis Suarez, Javier Mascherano, dan Carles Puyol, membawa banyak kesuksesan – dengan Busquets sekarang menjadi kepergian terakhir dari jajaran legenda hebat itu.

Pelatih Barcelona Xavi Hernandez, yang bermain dengan Busquets di lini tengah selama beberapa tahun, menginginkan gelandang itu bertahan musim depan, tetapi mengatakan keputusan ada di tangannya. Rekan satu tim Busquets dulu dan sekarang memberikan penghormatan kepadanya di media sosial setelah dia mengumumkan kepergiannya dari Barcelona. Lionel Messi, seorang teman dekat, menulis pesan yang menyentuh hati di Instagram, menyatakan, "Di lapangan kamu selalu No 5, tapi kenyataannya sebagai pemain dan sebagai pribadi, kamu adalah 10, Busi. Terima kasih atas segalanya dan di luar lapangan."


×

Setelah Sergio Busquets mengumumkan kepergiannya dari Barcelona di akhir kontraknya, rekan sepak bola dan rival menghujaninya dengan pujian. Bek Barcelona Jordi Alba mengungkapkan kekagumannya pada gelandang veteran tersebut, mengatakan bahwa ia telah membuat jejak yang tak terhapuskan dalam sejarah Barcelona dengan lebih dari 700 pertandingan dan menjadi bagian fundamental dari begitu banyak gelar dan malam gemilang.

Bahkan gelandang Real Madrid Luka Modric mengakuinya sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah ia lawan. Presiden Barca Joan Laporta juga memuji Busquets, menyiratkan bahwa pemain itu suatu hari akan kembali dalam peran yang berbeda, karena dia memiliki darah Barca. Busquets, yang menjuarai Piala Dunia bersama Spanyol pada 2010 dan Kejuaraan Eropa pada 2012, belum mengungkapkan langkah selanjutnya, meski laporan menunjukkan ia mungkin pindah ke tim di Arab Saudi.

Sementara itu, Jorge Messi, ayah sekaligus agen mantan penyerang Barcelona Lionel Messi, mengatakan masa depan putranya baru akan diputuskan pada akhir musim, meski ada laporan bahwa ia juga mungkin pindah ke Timur Tengah.***

Sumber:

BERITA TERKAIT