header

Mantap! Nikmati Suwar-Suwir Jember yang Legit dan Kekinian!

Minggu 14-05-2023 / 02:19 WIB


Mantap! Nikmati Suwar-Suwir Jember yang Legit dan Kekinian!

BURUHTINTA.co.id - Jember, sebuah kota di Jawa Timur, dikenal sebagai tempat lahirnya banyak makanan khas yang lezat. Salah satu makanan khasnya adalah Suwar-Suwir, yang terbuat dari tape singkong dan bercita rasa manis, kecut, dan legit.

Meskipun telah ada sejak zaman Belanda, Suwar-Suwir masih bertahan hingga sekarang dan bahkan telah dimodifikasi menjadi lebih kekinian dengan berbagai variasi rasa yang dapat disesuaikan dengan minat konsumen.


Suwar-Suwir biasanya dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang datang ke Jember. Selain rasanya yang lezat, bentuknya yang kotak-kotak kecil memanjang menyerupai kotak balok mini juga membuatnya mudah dibawa-bawa.

Suwar-Suwir biasa dijual di warung-warung dan toko oleh-oleh yang ada di kota Jember dengan harga berkisar Rp 15.000-Rp 20.000 per kilogram tergantung pada variasi rasa.

Untuk membuat Suwar-Suwir, tape singkong dicampur dengan gula dan diaduk hingga menjadi adonan halus. Kemudian adonan tersebut dimasak menggunakan wajan besar dan diberi perasa tambahan. Setelah mengental, adonan didinginkan di atas loyang dan diberi sedikit pewarna makanan. Setelah menjadi Suwar-Suwir, makanan ini dikemas dengan menggunakan kertas minyak dan dibungkus dengan plastik.


×

Meskipun rasanya masih khas seperti dulu, Suwar-Suwir kini memiliki berbagai variasi rasa, seperti nanas, strawberry, nangka, kacang hijau, coklat, keju, dan lain-lain. Kini, Suwar-Suwir menjadi camilan yang cocok untuk dinikmati bersama teh sambil santai menonton televisi atau mengobrol bersama teman. Jika Anda berkunjung ke kota Jember, jangan lupa mencicipi kelezatan Suwar-Suwir yang legit dan kekinian ini!

TAG: #jember
Sumber:

BERITA TERKAIT