header

Pemilu Turki 2023: Tantangan Berat bagi Erdogan dan Kemungkinan Kemenangan Kilicdaroglu atau Ogan

Senin 15-05-2023 / 13:01 WIB


Pemilu Turki 2023: Tantangan Berat bagi Erdogan dan Kemungkinan Kemenangan Kilicdaroglu atau Ogan

BURUHTINTA.co.id - Pemilihan presiden Turki yang digelar pada Minggu (14/5) akan menjadi tantangan berat bagi calon petahana, Recep Tayyip Erdogan. Ia bersaing melawan dua rivalnya, Kemal Kilicdaroglu dan Sinan Ogan, setelah satu kandidat lain, Muharrem Ince, mundur pada Kamis (11/5) karena sejumlah kampanye hitam yang menimpanya.

Pemilu kali ini diadakan di tengah-tengah krisis. Para pemilih akan menentukan nasib demokrasi Turki kurang dari tiga bulan setelah gempa bumi 6 Februari yang menewaskan lebih dari 50 ribu orang dan membuat lebih dari 5,9 juta orang mengungsi di Turki selatan dan Suriah utara. Pemilihan juga berlangsung di tengah krisis ekonomi yang serius, yang menurut para analis, kejadian akibat erosi demokrasi di bawah pemerintahan Erdogan.


Turki mengadakan pemilu setiap lima tahun. Kandidat presiden dapat dicalonkan oleh partai-partai yang telah melewati ambang batas pemilih 5 persen dalam pemilihan parlemen terakhir, atau mereka yang telah mengumpulkan setidaknya 100.000 tanda tangan yang mendukung pencalonannya.

Kandidat yang memperoleh lebih dari 50 persen suara pada putaran pertama terpilih sebagai presiden, tetapi jika tidak ada kandidat yang memperoleh suara mayoritas, pemilihan dilanjutkan ke putaran kedua. Pemilihan parlemen juga berlangsung bersamaan dengan pemilihan presiden.

Turki mengikuti sistem perwakilan proporsional di parlemen di mana jumlah kursi yang diperoleh sebuah partai di legislatif dengan 600 kursi berbanding lurus dengan suara yang dimenangkan. Partai-partai harus mendapatkan tidak kurang dari 7 persen suara baik sendiri atau beraliansi dengan partai lain untuk masuk parlemen.


×

Setelah Ince mundur, kini tersisa dua calon yang akan saling bersaing, termasuk melawan Erdogan. Mereka Ogan yang dicalonkan Aliansi Leluhur (ATA), terdiri dari tiga partai. Ia memiliki latar belakang sebagai akademisi dan keuangan internasional. Ia juga mantan anggota Partai Gerakan Nasionalis (MHP), sekutu Partai AK pimpinan Erdogan.

Ogan pernah terpilih sebagai wakil untuk Igdir, sebuah kota di Turki timur, pada 2011 sebagai kandidat MHP. Ogan kemudian dikeluarkan dari partai MHP pada 2015 karena persaingan internal. Sementara itu, Kilicdaroglu saat ini disebut sebagai rival terkuat Erdogan pada Pemilu tersebut.

Kilicdaroglu memulai karier di bidang politik sebagai wakil Republican People's Party (CHP) dari Istanbul dalam pemilihan umum 2002. Ia terpilih kembali pada 2007 dan menjabat sebagai wakil ketua kelompok parlemen Partai CHP di bawah Deniz Baykal.

TAG: #turki
Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Hari ini Turki GEMPA BUMI, earthquake turkey today #PrayForTurkey

Senin / 06-02-2023,14:19 WIB

Gempa bumi berkekuatan M 7,9

Berita Hari ini Turki GEMPA BUMI, earthquake turkey today #PrayForTurkey