header

Aksi koboi jalanan di jalan tol, apa itu kode plat mobil rfs artinya adalah dan siapa dia

Jumat 20-01-2023 / 15:47 WIB


Aksi koboi jalanan di jalan tol, apa itu kode plat mobil rfs artinya adalah dan siapa dia

+

RFS => Pelat Dewa

Apa arti pelat nomor RFS? Siapa yang berhak atas pelat nomor RFS?


Plat nomor RFS adalah plat khusus yang hanya diberikan kepada kelompok tertentu dan tidak untuk semua orang. Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2012 tentang Rekomendasi Penerbit Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) dan Nomor Kendaraan Bermotor Khusus dan Rahasia (TNKB) Untuk Kendaraan Bermotor Dinas telah mengatur tentang cara penggunaan plat nomor khusus tersebut. Perkap yang terdiri dari 24 pasal tersebut memiliki aturan tentang cara mendapatkan STNK atau TNKB khusus atau rahasia.

Dikatakan bahwa TNKB Rahasia adalah TNKB dengan spesifikasi, nomor induk, dan surat urut tertentu yang ditetapkan masing-masing Polda. Juga memiliki kode wilayah, nomor registrasi, dan masa berlaku, serta dipasang di ranmor (kendaraan bermotor) yang digunakan petugas intelijen dan patroli Polri.

Sedangkan TNKB Khusus adalah TNKB dengan spesifikasi tertentu dan nomor registrasi khusus yang dikeluarkan oleh Polri. Memiliki kode wilayah, nomor induk, dan masa berlakunya, serta dipasang pada kendaraan bermotor dinas milik pejabat pemerintah.


×

Dalam Lampiran Perkap itu juga disebutkan bahwa pejabat bisa menggunakan kode plat nomor rahasia khusus.

Pelat nomor RFS adalah yang dipasang pada mobil pejabat sipil negara. Plat nomor RFS ini diperuntukkan bagi mobil yang dikemudikan pejabat pemerintah setingkat Dirjen atau lebih tinggi.***

TAG: #jakarta
Sumber:

BERITA TERKAIT