header

Merasa Terancam, begini Tanggapan Google soal ChatGPT OpenAI

Selasa 07-02-2023 / 16:31 WIB


Merasa Terancam, begini Tanggapan Google soal ChatGPT OpenAI

"AI adalah teknologi paling mendalam yang sedang kami kerjakan hari ini," kata Pichai

“Peneliti, infrastruktur, dan teknologi kami yang berbakat membuat kami berada di posisi yang sangat baik saat AI mencapai titik belok. Lebih dari enam tahun yang lalu, saya pertama kali berbicara tentang Google sebagai perusahaan yang mengutamakan AI. Sejak saat itu, kami telah menjadi pemimpin dalam pengembangan AI. Kami baru saja memulai perjalanan AI kami dan yang terbaik belum datang, ”katanya.


Perkembangan baru lainnya yang menunjukkan fokus Google pada AI adalah berita bahwa Google menginvestasikan $300 juta dalam startup AI Anthropic. Berita tersebut pertama kali dilaporkan oleh Financial Times dan Google mengonfirmasi investasi tersebut ke TechCrunch pada hari Jumat. Model AI Anthropic yang baru saja diluncurkan, Claude, dipandang sebagai saingan ChatGPT. Pendanaan baru akan menghargai perusahaan yang berbasis di San Francisco sekitar $5 miliar. Berita itu muncul ketika Microsoft baru-baru ini mengumumkan investasi bernilai miliaran dolar di OpenAI.

Meskipun ini benar, perusahaan belum membuat banyak langkah penting di ruang publik. Misalnya, perusahaan memiliki aplikasi AI Playground, yang berpotensi seperti ChatGPT, tetapi sengaja dibatasi. Perusahaan juga meluncurkan model bahasa AI yang disebut PaLM, yang merupakan singkatan dari Pathways Language Model, di I/O tahun lalu. Ini adalah model terbesar perusahaan hingga saat ini, tetapi Google belum membagikan rencananya untuk model tersebut atau bagaimana cara memanfaatkannya.

Terlepas dari jaminan Google, investor sekarang mengamati dengan seksama untuk melihat bagaimana raksasa pencarian itu menanggapi ancaman yang ditimbulkan oleh ChatGPT. Meskipun saham Alphabet dibuka lebih rendah hari ini setelah perusahaan menyerahkan laporan pendapatan kuartal keempat yang mengecewakan, perusahaan menutup semua kerugiannya pada tengah hari.***


×

TAG: #llm-ai
Sumber:

BERITA TERKAIT

Merasa Terancam, begini Tanggapan Google soal ChatGPT OpenAI

Selasa / 07-02-2023,16:31 WIB

Google Akan Luncurkan AI yang lebih Canggih

Merasa Terancam, begini Tanggapan Google soal ChatGPT OpenAI