header

Profil Dosen UII Ahmad Munasir Rafie Pratama alumni Stony Brook University yang hilang kontak ternyata Merubah Rute dari Oslo Norwegia ke Boston Amerika

Senin 20-02-2023 / 19:40 WIB


Profil Dosen UII Ahmad Munasir Rafie Pratama alumni Stony Brook University yang hilang kontak ternyata Merubah Rute dari Oslo Norwegia ke Boston Amerika

BURUHTINTA.co.id - Irjen Pol. Krishna Murti, Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, menyatakan bahwa Ahmad Munasir Rafie Pratama (AMRP), seorang dosen dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, telah terdeteksi dan belum hilang. Menurut Krisna, AMRP mengatakan bahwa penyelidikan sedang berlangsung dan bahwa mereka telah mengubah jalur tanpa berkonsultasi dengan orang lain. Namun, Krishna belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai alasan perubahan jalur tersebut atau keberadaan AMRP saat ini.

Sebelumnya, UII Yogyakarta telah meminta bantuan dari National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia untuk mencari AMRP, yang dilaporkan hilang setelah mengikuti kegiatan mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) di Norwegia.


Setelah melakukan kontak dengan pihak kampus dan berkoordinasi dengan otoritas setempat di Oslo, Norwegia dan Istanbul, Turki, Tim Crisis Center UII menemukan jejak digital Ahmad Munasir, yang menunjukkan bahwa dia telah pindah dari Norwegia dan sekarang berada di Istanbul, Turki.

Rektor UII, Prof Fathul Wahid, mengatakan bahwa Tim Crisis Center UII telah menemukan rekaman aktivitas "sing out google drive" yang berlangsung pada tanggal 13 Februari 2023 pukul 03.57 waktu setempat, serta jejak digital lainnya terkait dengan AMRP. Namun, tidak ada informasi lebih lanjut yang diberikan mengenai hal ini.

Menurut informasi terbaru, AMRP telah terhubung ke internet melalui koneksi Virtual Private Network eduVPN yang mengarah ke Kampus UII di sekitar Istanbul pada pukul 19.00-23.00 waktu setempat pada 12 Februari 2023. Informasi ini telah diterima oleh KBRI Oslo. Namun, pihak kepolisian di Oslo memastikan bahwa catatan pihak imigrasi di Bandara Oslo menunjukkan bahwa Ahmad Munasir tidak berada di Schengen pada 12 Februari 2023.


×

Sebelumnya, AMRP melakukan perjalanan ke Oslo, Norwegia pada 4 Februari 2023 untuk mengikuti aktivitas global di University of South-Eastern Norway (USN). Dia seharusnya kembali pada 12 Februari 2023 melalui Istanbul dengan penerbangan Turkish Airlines dan mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Kamis (16/2). Namun, dia dilaporkan hilang kontak setelah berkomunikasi terakhir dengan istrinya pada Minggu siang (12/2) di Bandara Oslo.

Lanjut …..

TAG: #uii
Sumber:

BERITA TERKAIT