header

Komentar Jusuf Kalla soal Evakuasi Helikopter Kapolda Jambi, Di Lokasi Kecelakaan Kawasan Harimau TNKS butuh 6 Jam untuk sampai

Senin 20-02-2023 / 20:09 WIB


Komentar Jusuf Kalla soal Evakuasi Helikopter Kapolda Jambi, Di Lokasi Kecelakaan Kawasan Harimau TNKS butuh 6 Jam untuk sampai

BURUHTINTA.co.id - Pada Ahad siang, 19 Februari 2023, helikopter yang membawa Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono dan jajarannya harus melakukan pendaratan darurat di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci. Juru Bicara Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengklarifikasi bahwa keberangkatan Irjen Rusdi adalah untuk memberikan pengamanan pada JK. Berikut adalah fakta-faktanya:

Helikopter berangkat pada Ahad, 19 Februari 2023


Helikopter dengan nomor Registrasi P-3001 berangkat dari Bandara Sultan Thaha, Kota Jambi, menuju Bandara Depati Parbo, Kabupaten Kerinci pada pukul 09.25 WIB. Namun, helikopter tersebut mengalami masalah dan harus mendarat darurat akibat cuaca buruk pada pukul 11.02 WIB di Bukit Tamia.

Tim evakuasi gabungan dari Polri, Basarnas, dan TNI langsung melakukan pencarian Kapolda Rusdi beserta rombongan menggunakan enam helikopter. Pada Senin pagi pukul 04.00 WIB, tim evakuasi darat akhirnya menemukan rombongan Kapolda Jambi. Meskipun semua penumpang dan kru selamat, mereka mengalami luka-luka. Kapolda Jambi sendiri mengalami patah tulang pada bagian tangan.

Daftar awak helikopter


×

Helikopter tersebut diawaki oleh beberapa orang, di antaranya Ajun Komisaris Ali, AKP Amos F, Aipda Susilo, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi Komisaris Besar Andri Ananta, Direktur Kepolisian Perairan dan Udara Polda Jambi, Kombes Muchael Bumbunan, Korpspripim Polda Komisaris A Yani Jambi, serta seorang aide-de-camp atau ajudan Kapolda Jambi.

Pada pukul 11.02 WIB, Posko Polda Jambi menerima laporan dari kru bahwa helikopter Bell 412 SP dengan nomor Registrasi P-3001 diperkirakan jatuh di koordinat S20 9' 3,53" E1010 42' 12,63", tepatnya di Desa Tamiai, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, disebabkan oleh cuaca buruk.

Korban akan dibawa ke Jakarta

Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo, Kepala Divisi Humas Mabes Polri, menyatakan bahwa delapan korban kecelakaan helikopter tersebut dalam keadaan stabil, meskipun Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono mengalami patah tulang pada tangan. Kepolisian telah menyiapkan Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jambi untuk menangani korban, tetapi mereka juga telah menyiapkan pesawat untuk membawa korban ke Jakarta jika penanganan medis di Jambi tidak optimal.

"Jika penanganan di rumah sakit (di Jambi) tidak mampu, nanti pesawat kita terbangkan ke Jakarta agar perawatan medis lebih efisien, efektif, dan penanganan korban lebih maksimal," kata Dedi Prasetyo di Mabes Polri pada hari Senin, 20 Februari 2023.

Lanjut …..

Sumber:

BERITA TERKAIT