header

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat terapkan masuk sekolah jam 5 pagi

Selasa 28-02-2023 / 16:57 WIB


Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat terapkan masuk sekolah jam 5 pagi

BURUHTINTA.co.id - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat, meminta agar jam masuk sekolah bagi peserta didik setingkat SMA di NTT dimajukan menjadi pukul 05.00 WITA.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Viktor dalam sebuah pertemuan dengan kepala sekolah pada Kamis (23/2) yang direkam dalam sebuah video berdurasi 1 menit 43 detik yang beredar di media sosial. Dalam video tersebut, Viktor terlihat berbicara di depan dan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Linus Lusi.


Viktor awalnya mengatakan bahwa anak harus dibiasakan bangun pukul 04.00 WITA. Kemudian, ia menghitung estimasi persiapan selama setengah jam, dan setengah jam berikutnya waktu berangkat sekolah. Dengan demikian, peserta didik setingkat SMA diharapkan mampu tiba di sekolah pukul 05.00 WITA.

Viktor menyatakan bahwa rata-rata anak SMA paling malam tidur pukul 22.00 WITA, sehingga menurutnya enam jam waktu tidur sudah cukup bagi para siswa. Ia juga mengatakan bahwa budaya masuk sekolah lebih pagi bertujuan untuk mengasah kedisiplinan dan etos kerja para peserta didik. Namun demikian, Viktor mengakui bahwa kebijakan baru ini akan terasa berat bagi peserta didik maupun pengajar.

Pria yang pernah menjabat sebagai anggota DPR RI Fraksi NasDem periode 2014-2018 ini menyatakan bahwa perubahan membutuhkan sebuah pengorbanan. "Semua yang melakukan perubahan itu pasti sakit," ujar Viktor. Para kepala sekolah yang hadir pada pertemuan tersebut menyatakan setuju dengan instruksi Viktor untuk memajukan jam masuk sekolah bagi peserta didik SMA di NTT.***


×

TAG: #ntt
Sumber:

BERITA TERKAIT