header

Silicon Valley Bank Collapse, Pekerja Tekno di Amerika banyak yang tidak Gajian

Minggu 12-03-2023 / 11:20 WIB


Silicon Valley Bank Collapse, Pekerja Tekno di Amerika banyak yang tidak Gajian

Pada tanggal 27 Juli 2022, Ketua Dewan Bank Sentral AS, Jerome Powell, mengumumkan kenaikan suku bunga acuan sebesar tiga perempat persentase poin. Rabu, SVB menjual portofolio obligasi senilai $21 miliar untuk membayar penebusan dan mengumumkan akan menjual ekuitas umum senilai $2,25 miliar dan saham preferensi konversi untuk mendapatkan uang yang dibutuhkan. Namun, saham jatuh dan orang-orang yang memiliki uang di bank mulai khawatir.

Setelah FDIC membuat pengumumannya, perusahaan mengirimkan email kepada karyawannya bahwa mereka akan dihubungi oleh pejabat tentang pekerjaan dan gaji mereka. Namun, hingga Jumat malam, baik perusahaan maupun FDIC tidak mengatakan apa-apa lagi. Hal ini membuat kekhawatiran bagi karyawan dan klien modal ventura yang memiliki uang di bank.


SVB adalah sumber uang yang besar bagi perusahaan teknologi, pemula, dan orang-orang yang bekerja di bidang teknologi. Didirikan pada tahun 1983 oleh Bill Biggerstaff dan Robert Medearis, bank ini menggunakan akarnya di Silicon Valley untuk menjadi salah satu lembaga keuangan terpenting dalam industri teknologi.

Bill Tyler, CEO TWG Supply di Grapevine, Texas, mengatakan bahwa dia tidak mengira hal seperti ini akan terjadi. Namun, pada Jumat pagi, karyawan mengirim pesan teks kepadanya bahwa mereka belum menerima gaji mereka, yang menunjukkan bahwa ada yang tidak beres.

TWG, perusahaan dengan hanya 18 karyawan, telah mengirimkan dana gaji mereka ke penyedia layanan penggajian yang menggunakan SVB. Tyler bekerja keras mencari cara untuk membayar karyawannya, menyatakan "Kami sedang menunggu sekitar $27.000." Masalahnya diperparah dengan fakta bahwa SVB memiliki ikatan dengan industri teknologi. Setelah lonjakan pertumbuhan selama pandemi, saham teknologi terpukul dalam 18 bulan terakhir, dan PHK menyebar ke seluruh industri. Pendanaan modal ventura juga menurun.


×

Pada saat yang sama, bank-bank terpukul keras oleh upaya Federal Reserve AS untuk memerangi inflasi dan memperlambat ekonomi dengan menaikkan suku bunga dengan cepat. Ketika bank sentral menaikkan suku bunga utamanya, biasanya nilai obligasi yang stabil mulai menurun. Ini biasanya bukan masalah, tetapi ketika deposan gugup dan mulai menarik uang mereka, bank terkadang harus menjual obligasi tersebut sebelum jatuh tempo untuk menutupi arus keluar. Hal yang sama berlaku untuk SVB.

Pada tahun 2007, dunia dilanda krisis keuangan terbesar sejak Great Depression. Ini terjadi karena nilai sekuritas yang didukung hipotek terkait dengan kredit rumah yang buruk turun. Lehman Brothers, perusahaan yang berdiri sejak 1847, bangkrut akibat kepanikan di Wall Street. Karena bank-bank besar terhubung dalam banyak hal, krisis tersebut semakin merusak sistem keuangan dunia dan menyebabkan jutaan orang kehilangan pekerjaan.**

TAG: #amerika
Sumber:

BERITA TERKAIT