header

Otorita Ibu Kota Nusantara Dimana, membangun sebuah megacity di hutan

Jumat 17-03-2023 / 22:20 WIB


Otorita Ibu Kota Nusantara Dimana, membangun sebuah megacity di hutan

BURUHTINTA.co.id - Apakah mungkin untuk membangun sebuah megacity di hutan dan meyakinkan jutaan orang untuk pindah ke sana? Itulah pertanyaan yang diajukan tentang proyek besar yang sedang berlangsung di hutan hujan Kalimantan, Indonesia. Ibu kota baru Indonesia ini dijuluki sebagai kota metropolis futuristik, dan telah dibangun selama bertahun-tahun.

Proyek ini diharapkan menjadi solusi untuk masalah kepadatan lalu lintas, kemacetan lalu lintas, dan polusi di Jakarta, dan merupakan salah satu tindakan tegas dari kepresidenan Joko Widodo. Namun, ada satu halangan besar yang perlu diatasi - yaitu meyakinkan jutaan orang untuk pindah ke sana.


Kota baru ini dikenal sebagai Nusantara, dan tidak muncul di Google Maps. Bandara terdekat di Balikpapan berjarak hampir 100 kilometer melalui jalan darat, dan perjalanan dari Jakarta memerlukan waktu dua jam penerbangan dan dua jam perjalanan melalui jalan raya yang kasar dan serangkaian jalan berbukit yang berangin.

Pada Juni tahun depan, Joko Widodo akan menandatangani surat keputusan yang menyatakan Nusantara sebagai ibu kota baru Indonesia. Meskipun ada banyak tantangan yang harus diatasi, proyek ini menjanjikan masa depan yang cerah bagi Indonesia.

Membuka lahan di Kalimantan 


×

Sebuah keputusan terpisah akan mencabut status Jakarta sebagai ibu kota, efektif untuk pertama kalinya dalam lebih dari empat abad jika Anda memasukkan sekitar 350 tahun kota itu dikenal sebagai Batavia, di bawah pemerintahan kolonial Belanda.

Jika semua berjalan sesuai rencana, diperkirakan hingga 60.000 orang akan pindah dari Jakarta untuk tinggal dan bekerja di Nusantara pada tahun 2025.

Namun, mendorong ribuan penduduk untuk bangun dan pindah ke kota baru yang masih dalam pembangunan hanya dalam beberapa tahun telah mengangkat alis.

Dan tantangan serta logistik untuk memenuhi tenggat waktu itu sangat menakutkan.

Dari hutan terjal hingga kota-kota besar

Kalimantan Timur adalah salah satu provinsi dengan penduduk paling sedikit di Indonesia, dan tidak seperti Pulau Jawa, secara geologis stabil dan relatif tidak tersentuh.

Sebagian besar dari 256.000 hektar lahan yang dialokasikan untuk ibu kota baru belum dikembangkan.

Sejauh mata memandang, itu adalah selimut hutan kayu putih non-asli, ditanam untuk menghasilkan pulp dan kertas.

Lanjut …..

TAG: #jakarta
Sumber:

BERITA TERKAIT