header

Otorita Ibu Kota Nusantara Dimana, membangun sebuah megacity di hutan

Jumat 17-03-2023 / 22:20 WIB


Otorita Ibu Kota Nusantara Dimana, membangun sebuah megacity di hutan

Tahun lalu, investor besar Softbank Jepang menarik diri dari proyek tersebut, memaksa Indonesia mencari dana di tempat lain. Meskipun telah menerima lebih dari 100 surat minat dari sektor swasta, sebagian besar dana masih jauh dari pasti.

Beberapa di antaranya serius untuk beberapa tahun ke depan, sementara yang lain masih menunggu dan melihat. Tapi aman untuk mengatakan bahwa nafsu makan masih ada.


Proyek ibu kota juga dirusak oleh klaim bahwa kelompok masyarakat adat yang telah tinggal di daerah tersebut selama beberapa generasi mungkin terpaksa meninggalkan rumah mereka.

Di Desa Sepaku Lama, timur laut situs Nusantara, puluhan warga masyarakat adat Balik sebagian tanahnya diambil untuk pembangunan bendungan besar baru, yang akan memasok air ke ibu kota baru.

Jikram, yang seperti banyak orang Indonesia menggunakan satu nama, mengatakan tembok bendungan - setinggi sekitar tiga meter - telah memotong 250 meter persegi tanahnya.


×

Dulu dia menanam padi dan menangkap ikan di sungai, tapi sekarang di balik tembok.

Pandangan close-up dari seorang pria yang duduk di beranda.

Dinyatakan bahwa beberapa orang serius dengan rencana tersebut selama beberapa tahun ke depan, sementara yang lain masih menunggu dan melihat, namun masih ada minat terhadap proyek ibu kota baru. Proyek tersebut telah dihadang oleh klaim bahwa kelompok masyarakat adat yang telah tinggal di daerah tersebut selama beberapa generasi akan dipaksa meninggalkan rumah mereka.

Di desa Sepaku Lama, sebagian tanah warga masyarakat adat Balik diambil untuk membangun bendungan baru yang akan memasok air ke ibu kota baru. Tanah tersebut dulu digunakan untuk bercocok tanam dan menangkap ikan di sungai, namun sekarang tertutup oleh tembok bendungan.

Kompensasi yang ditawarkan untuk tanah tersebut dianggap tidak memadai. Meskipun demikian, Presiden Joko Widodo bertekad untuk menjadikan Nusantara sebagai ibu kota sebelum ia meninggalkan jabatannya tahun depan, meskipun hal tersebut bisa saja ditentang oleh penggantinya.***

TAG: #jakarta
Sumber:

BERITA TERKAIT