header

Profil Rahul Gandhi, Tokoh Oposisi India dipecat dari Parlemen dan Vonis Penjara karena Pencemaran Nama Baik PM Narendra Modi

Minggu 26-03-2023 / 21:42 WIB


Profil Rahul Gandhi, Tokoh Oposisi India dipecat dari Parlemen dan Vonis Penjara karena Pencemaran Nama Baik PM Narendra Modi

BURUHTINTA.co.id - Rahul Gandhi, pemimpin oposisi India, telah dihukum penjara selama dua tahun karena kasus pencemaran nama baik, yang juga menyebabkan dirinya dipecat dari parlemen pada Jumat, 24 Maret 2023. Meskipun tidak pernah menjadi menteri atau memimpin Partai Kongres India untuk memenangkan pemilihan umum, Gandhi tetap menjadi pusat politik oposisi India dan target utama Partai Bharatiya Janata (BJP) Hindu-nasionalis Perdana Menteri Narendra Modi.

Di luar parlemen, Gandhi sering mengingatkan para pendukungnya tentang komitmen dan pengorbanan keluarganya. Baru-baru ini, kritiknya terhadap BJP memicu kontroversi, seperti ketika dia mengatakan bahwa demokrasi berada dalam bahaya di bawah kepemimpinan Modi. Gandhi juga dikenal sebagai penggemar kebugaran dan seni bela diri, serta sering terlihat bersepeda di New Delhi ditemani petugas keamanan.


Meskipun situasi hukum yang menjerat Gandhi dapat menggembleng partainya dan sekutunya untuk meningkatkan penentangan mereka terhadap pemerintah BJP, hal ini terjadi setahun sebelum pemilihan umum berikutnya dijadwalkan. Vonis terhadap Gandhi dikeluarkan hampir dua bulan setelah dia menyelesaikan pawai lintas negara sejauh 4.000 kilometer untuk menghidupkan kembali partainya dan memperbarui citranya dalam Bharat Jodo Yatra atau mempersatukan pawai India.

Pada hari Kamis, setelah hukumannya, Gandhi hanya membagikan beberapa kutipan dari pemimpin gerakan kemerdekaan, Mahatma Gandhi, di Twitter dalam bahasa Hindi. Rahul Gandhi tidak terkait dengan Mahatma Gandhi.

"Agama saya didasarkan pada kebenaran dan tanpa kekerasan. Kebenaran adalah Tuhan saya, tanpa kekerasan adalah sarana untuk mencapainya - Mahatma Gandhi".


×

Hukuman penjara Gandhi telah ditangguhkan selama 30 hari, memungkinkan dia untuk mengajukan banding ke pengadilan yang lebih tinggi. Namun, dia juga tidak dapat berpartisipasi dalam pemilihan umum berikutnya kecuali hukumannya ditangguhkan atau dibatalkan.

Inti dari peran sentralnya dalam politik oposisi adalah fakta bahwa partainya telah memerintah India selama 54 dari 75 tahun sejak kemerdekaan dari Inggris. Ayah, nenek, dan kakek buyutnya adalah perdana menteri selama lebih dari 37 tahun dari 54 tahun itu.

Kongres adalah partai politik nasional terbesar dengan jejak di negara berpenduduk 1,4 miliar orang hingga diambil alih oleh BJP pada tahun 2014.

Meski sekarang menjadi bayang-bayang dirinya yang dulu, keluarga Gandhi masih mendominasi Kongres dan menuntut kesetiaan yang kuat. Lingkaran keluarga termasuk ibu Rahul, lahir di Italia, mantan pemimpin partai Sonia, dan saudara perempuannya Priyanka.

Analis mengatakan bahwa garis keturunan dan warisan yang kuat inilah yang ingin diserang oleh Modi dan partainya ketika mereka mengatakan bahwa politik dinasti tidak memiliki peran dalam demokrasi. Modi sering menyebut Rahul sebagai pangeran dalam pidatonya.

Meskipun Kongres melemah pada 2019, memenangkan kurang dari 10 persen dari 545 kursi di majelis rendah, partai tersebut masih menguasai hampir 20 persen suara. Ini adalah yang terbesar untuk kelompok oposisi mana pun - melawan 38 persen BJP.

Kongres adalah partai yang berkuasa, atau oposisi utama, di sekitar setengah lusin negara bagian penting.***

TAG: #india
Sumber:

BERITA TERKAIT