header

Profil dan Biodata Muhammad Kamalul Yaqin biasa dipanggil Kamal, pelaku bully smp di cilacap

Sabtu 30-09-2023 / 00:26 WIB


Profil dan Biodata Muhammad Kamalul Yaqin biasa dipanggil Kamal, pelaku bully smp di cilacap

BURUHTINTA.co.id - Bagaikan serigala berbulu domba, begitulah penampilan Kamal - nama asli Muhammad Kamalul Yaqin - siswa SMP di Cilacap yang menggegerkan publik seakan melibatkan dirinya dalam aksi bully. Lelaki yang baru menginjak usia 15 tahun ini mengejutkan banyak orang dengan sikap keji dan kejam yang ia tampakkan. 

Terbukti, selain menguasai materi pelajaran, Kamal juga sudah piawai merokok meski masih berstatus sebagai siswa kelas 9. Hal ini dipaparkan dalam unggahan video di akun Facebook-nya bernama Ikhwan Salafy, yang memperlihatkan dirinya menyemburkan asap rokok berbentuk bulat. 


Ditinggali di Desa Sepatnunggal, RT 1/5, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Kamal, siswa SMP Negeri 2 Cimanggu ini lahir pada 29 April 2008. 

Belum cukup dengan sikap rebelnya itu, Kamal mencuri perhatian publik saat terciduk sebagai pelaku kekerasan terhadap sesama siswa di sekolahnya. Sebuah video yang memperlihatkan dirinya memukul dan menendang FF, seorang siswa usia 14 tahun dan adik sekelasnya, viral hingga mencuatkan namanya. 

Berujung pada penangkapan Kamal yang mengakibatkan dirinya meringkuk di balik jeruji besi dengan ancaman pidana hingga 3 tahun 6 bulan serta denda sebesar Rp 72 juta berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Anak. 


×

Kapolresta Cilacap Kombes Fannky Ani Sugiharto menjelaskan, alasan utama Kamal menganiaya FF adalah karena remaja tersebut menyebut-nyebut dirinya sebagai bagian dari Barisan Siswa, geng yang dipimpin oleh Kamal. FF juga diduga menantang geng lain dengan menggunakan nama Barisan Siswa. 

Tentunya, peristiwa ini memberikan trauma mendalam bagi FF dan keluarganya, perkosaan psikologis dan fisik yang dialami FF membuat tubuhnya memar-memar dan adiknya terpaksa untuk melaporkan kejadian tersebut kepada polisi. 

Dalam bayang-bayang hitam kekerasan yang menari-nari di atas nama Kamal, terselip pula sosok berprestasi. Kamal diketahui adalah seorang jawara silat dan unggul dalam lomba tilawah atau baca indah ayat Kitab Suci Al Quran. 

Namun, hal tersebut tidak mampu menutupi fakta lain yang merusak citranya. Perilaku buruknya semakin mencuat ketika dia menggunakan keahlian silatnya untuk merundung korban dengan alasan yang sepele. 

Sosok Kamal pun membuat terkejut banyak pihak, termasuk pihak sekolahnya. Ketua sekolah, berinisial WH, sangat terperanjat dikarenakan Kamal yang selama ini memperoleh prestasi baik tersebut ternyata berkelakuan bengis. Kamal juga adalah seorang juara tilawah dan mewakili sekolahnya dalam kejuaraan di tingkat Kecamatan. 

Jejak Kamal semakin meluas di media sosial, ia juga dikenal sebagai seorang yang berperilaku agamis. Namun, sikapnya video bullying yang viral seakan mencoreng citra baik yang ia tonjolkan dalam konten-konten di media sosialnya, hal tersebut membuat banyak warganet menyoroti dan memberi komentar bernuansa mengecam di kolom komentar akunnya. 

Penelusuran lebih lanjut menunjukkan bahwa Kamal sudah menunjukkan jejak perilaku bermasalah sejak lama. Diketahui bahwa Kamal sudah berpindah-pindah sekolah sebanyak empat kali. Bahkan, Kamal pernah disekolahkan di salah satu pesantren terkemuka di Tasikmalaya dan disebut-sebut telah kabur dari pesantren tersebut.

TAG: #cilacap
Sumber:

BERITA TERKAIT