header

Ofir Libstein walikota Israel di Sha'ar Hanegev tewas dibunuh Hamas

Minggu 08-10-2023 / 02:30 WIB


Ofir Libstein walikota Israel di Sha'ar Hanegev tewas dibunuh Hamas

BURUHTINTA.co.id - Sebuah gelombang ketegangan dan kekerasan melanda wilayah Israel saat Walikota Dewan Regional Sha'ar HaNegev, Ofir Libstein, tewas dalam serangan mendadak yang dilancarkan oleh gerakan Islam Palestina, Hamas, dari Jalur Gaza pada hari Sabtu. Kejadian tragis ini memunculkan ketakutan akan eskalasi konflik yang lebih besar di kawasan tersebut.

Pada saat serangan terjadi, Walikota Libstein sedang berada di luar untuk mempertahankan kota selama apa yang disebut kantor walikota sebagai "serangan teroris." Namun, dia menjadi target dalam serangan tersebut dan dinyatakan tewas. Wakil Walikota Yossi Keren segera diumumkan akan mengambil alih jabatan tersebut.


Serangan ini terjadi setelah sekelompok orang bersenjata dari Palestina melintasi perbatasan dan meluncurkan rentetan roket dari Jalur Gaza ke wilayah Israel. Kejadian ini membuat warga di wilayah tersebut dihimbau untuk tetap berada di dalam rumah mereka sebagai tindakan keamanan. Militer Israel mengonfirmasi bahwa sejumlah teroris telah berhasil menyusup ke wilayah Israel.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, segera mengadakan pertemuan darurat dengan para pejabat keamanan negara tersebut. Kota-kota di selatan Israel menjadi saksi baku tembak antara kelompok pejuang Palestina dan pasukan keamanan Israel, seperti yang dilaporkan oleh kantor berita Reuters.

Komandan militer Hamas, Mohammad Deif, mengumumkan dimulainya operasi tersebut melalui siaran di media Hamas, mendesak warga Palestina di seluruh wilayah untuk bersiap berperang. "Ini adalah hari pertempuran terbesar untuk mengakhiri pendudukan terakhir di bumi," katanya, sambil menambahkan bahwa sekitar 5.000 roket telah diluncurkan dalam serangan tersebut.


×

Kematian Walikota Libstein dan eskalasi konflik ini menyebabkan kekhawatiran akan memburuknya situasi di kawasan tersebut, memicu keprihatinan internasional tentang ketidakstabilan di Timur Tengah. Perkembangan selanjutnya akan closely diawasi oleh komunitas internasional.

TAG: #israel
Sumber:

BERITA TERKAIT