header

Gempa Tektonik M 5.0 Guncang Laut Banda, Maluku, Pada Hari Rabu, 11 Oktober 2023

Rabu 11-10-2023 / 16:02 WIB


Gempa Tektonik M 5.0 Guncang Laut Banda, Maluku, Pada Hari Rabu, 11 Oktober 2023

MALUKU, 11 Oktober 2023 - Pada hari Rabu, 11 Oktober 2023, pukul 03.20.24 WIB, wilayah Laut Banda, Maluku, diguncang oleh gempa tektonik dengan magnitudo 5,0. Kejadian ini telah menarik perhatian Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta para warga setempat.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono, gempa ini memiliki episenter di koordinat 6,74° LS dan 129,86° BT, berlokasi di laut, sekitar 211 km Barat Laut Tanimbar, Maluku, pada kedalaman 169 km. Gempa ini tergolong sebagai gempa menengah dengan mekanisme pergerakan geser (strike-slip).


Meskipun gempa ini menyebabkan guncangan di beberapa daerah, seperti Amahai, Maluku Tengah, dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan truk berlalu), serta di daerah Pulau-Pulau Babar, Maluku Barat Daya, dengan skala intensitas II - III MMI, hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang disebabkan oleh gempa ini.

Dalam keterangan tertulisnya, Dr. Daryono menegaskan bahwa gempa ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI, sehingga tidak ada ancaman gelombang besar setelah gempa tersebut.

Hingga pukul 03.40 WIB, belum terjadi aktivitas gempa susulan (aftershock) yang signifikan. Meskipun demikian, BMKG memberikan rekomendasi kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang belum terverifikasi.


×

Masyarakat juga dihimbau untuk menjauhi bangunan yang mungkin mengalami keretakan atau kerusakan akibat gempa. Penting untuk memastikan bahwa bangunan tempat tinggal mereka cukup tahan gempa dan aman sebelum kembali ke dalam rumah.

Selain itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk mendapatkan informasi resmi dari sumber yang terpercaya, seperti situs web BMKG (inatews.bmkg.go.id), akun media sosial resmi (@infoBMKG), saluran Telegram, atau aplikasi seluler (IOS dan Android) bernama "wrs-bmkg" atau "infobmkg."

Kejadian ini sekali lagi mengingatkan pentingnya kewaspadaan dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi potensi gempa bumi di wilayah yang rawan gempa.

TAG: #gempa
Sumber:

BERITA TERKAIT