header

Aliansi Ulama dan Tokoh Jawa Timur Bela Ustadz Fahim Mawardi, junjung azas praduga tak bersalah

Jumat 13-01-2023 / 11:11 WIB


Aliansi Ulama dan Tokoh Jawa Timur Bela Ustadz Fahim Mawardi, junjung azas praduga tak bersalah

"Pertama, kita harus menjunjung asas praduga tak bersalah; kedua adalah menegakkan prinsip kesamaan perlakuan di depan hukum; ketiga, adalah mencegah niat jahat memperlebar perkara yang mengarah kriminalisasi; keempat, adalah menolak segala bentuk intervensi dan provokasi dari pihak manapun; dan kelima, adalah tidak melakukan penahanan tanpa landasan hukum disertai bukti yang memadai," paparnya.

Pernyataan sikap itu dituangkan secara tertulis, dan telah disampaikan ke Mabes Polri. Sempat rombongan Rahmat Mahmud hendak menemui langsung Kapolres Jember, AKBP Hery Purnomo. Tetapi, gagal bertemu.


"Ini menimbulkan keprihatinan. Berita sudah jadi viral dan telah mejadi bola liar. Sementara, proses hukumnya masih berjalan. Kami punya kepentingan mendorong pihak aparat untuk bersikap profesional dan proporsional," jelasnya.

Rahmat Mahmudi menilai, kasus yang menerpa Ustadz Fahim ditunggangi oleh kepentingan politik tertentu.

Fahim pernah bicara terbuka dengan menyatakan, laporan yang bermula dari tuduhan istrinya sendiri berinisial HA sebagai fitnah. Ustadz Fahim pun bersumpah bahwa dia tidak melakukan pencabulan maupun perselingkuhan tersebut.


×

Saat ini Ustadz Fahim menyandang status saksi terlapor datang ke Mapolres Jember untuk menjalani pemeriksaan di Unit PPA Satreskrim. (12 Januari 2023)

Sedangkan HA sangat meyakini terjadi perbuatan menyimpang itu. Ustadz Fahim disebutnya kerap mengajak ustadzah dan santriwati bermalam di kamar khusus yang pintunya terpasang fingerprint. ***


BERITA TERKAIT