header

Profil Rasmus Paludan pemimpin partai Stram Kurs, pembakaran alquran di swedia

Selasa 24-01-2023 / 20:51 WIB


Profil Rasmus Paludan pemimpin partai Stram Kurs, pembakaran alquran di swedia

BURUHTINTA.co.id Rasmus Paludan adalah seorang politikus, pengacara, dan ekstremis sayap kanan Denmark-Swedia yang lahir pada 2 Januari 1982. Dia adalah pemimpin partai politik sayap kanan Denmark Stram Kurs, sejak tahun 2017.

Paludan telah telah melakukan beberapa kali pembakaran Alquran yang berujung pada protes, beberapa di antaranya berupa kekerasan dan melibatkan pembakaran mobil. Paludan ingin warga negara keturunan asing diusir dari negaranya.


Pada Juni 2020, Paludan menggelar demonstrasi di Aarhus, Denmark, ketika seorang pria berusia 52 tahun mengeluarkan pisau, memasuki area yang ditutup, dan berlari menuju Paludan. Polisi melepaskan tembakan peringatan, tetapi penyerang tidak meletakkan senjatanya, lalu polisi melepaskan tembakan dan melukai kaki penyerang. Setelah itu, terjadi kerusuhan di daerah tersebut. Polisi terkena kembang api dan batu dilemparkan oleh penyerang lain di daerah Gellerup di Aarhus.

Pada April 2019, Paludan menggelar unjuk rasa di Viborg, Denmark, yang berubah menjadi ricuh karena sekitar 100 orang juga ikut berunjuk rasa. Tiga orang ditangkap, dan seorang warga Suriah berusia 24 tahun yang tinggal di Denmark dijatuhi hukuman penjara 60 hari pada Juni 2019 karena melempar batu ke Paludan. Penjahat itu juga akan dikirim setelah dipenjara, dan dia tidak bisa kembali ke Denmark selama enam tahun.

Paludan dilarang memasuki Swedia selama dua tahun karena rencana pembakaran Alquran di Malmo pada Agustus 2020. Namun, karena ayahnya orang Swedia, ia diberi kewarganegaraan Swedia pada Oktober.


Pada April 2022, Paludan kembali merencanakan dan mengumumkan sejumlah acara di kota terbesar Swedia, di mana dia membakar Alquran atau mengatakan akan melakukannya. Hal ini menyebabkan kerusuhan oleh orang-orang yang tidak setuju dengan pengunjuk rasa. Mereka menghancurkan properti pribadi dan publik dan menyerang polisi. Pada hari-hari sebelum demonstrasi, juga terjadi kerusuhan.

Paludan diizinkan mengadakan protes di depan kedutaan Turki di Stockholm pada 21 Januari 2023, di mana dia membakar Alquran.***

TAG: #dunia
Sumber:

BERITA TERKAIT

Profil Rasmus Paludan pemimpin partai Stram Kurs, pembakaran alquran di swedia

Selasa / 24-01-2023,20:51 WIB

Aksi di depan kedutaan Turki di Stockholm

Profil Rasmus Paludan pemimpin partai Stram Kurs, pembakaran alquran di swedia