header

VIDEO Gunung Bergeser Pindah di Desa Takari Kupang NTT, Viral di tiktok twitter dan youtube

Rabu 22-02-2023 / 11:29 WIB


VIDEO Gunung Bergeser Pindah di Desa Takari Kupang NTT, Viral di tiktok twitter dan youtube

BURUHTINTA.co.id - Sebuah video yang mengklaim adanya fenomena alam pergeseran gunung di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), viral di platform media sosial, mulai dari TikTok hingga Twitter. Salah satu akun yang mengunggah video gunung yang dikabarkan berpindah adalah akun ini pada 19 Februari 2023.

“Fenomena alam mengejutkan terjadi di Desa Takari, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, di mana sebuah bukit berpindah atau bergeser. , menutupi jalan," tulis postingan itu. Dalam video tersebut disebutkan gunung tersebut telah bergeser menutupi jalan yang menjadi akses menuju sebuah desa. "Ya ampun, ini benar-benar gunung yang bergerak," kata sebuah suara dalam video.


Hal senada juga disampaikan oleh seorang pengguna TikTok. "Di Kupang, NTT, ada gunung yang bergerak di tengah jalan. Bukan longsor," kata pengunggah. Narasi itu pun viral di Twitter pada Senin (20/2/2023). "Benarkah di Kupang-NTT, gunung benar-benar bisa berpindah ke tengah jalan?" tulis akun ini. Hingga Selasa (21/2/2023), cuitan tersebut telah dikomentari oleh 237 netizen, dibagikan ke 309 akun, dan disukai oleh 2.978 pengguna Twitter.

Tanggapan warganet

Ratusan netizen meninggalkan komentar di postingan tersebut. Beberapa dari mereka percaya pada fenomena tersebut, sementara yang lain tidak. "Saya percaya. Karena di Jakarta ada gunung di tengah jalan. Namanya Gunung Sahari. Googling saja kalau tidak percaya," kata netizen ini. “Saya dari Kupang, dan jalannya ada di sebelah gunung.


×

Jadi gunungnya masih berdiri tegak dengan sudut 90 derajat, dengan jalan di sampingnya. Makanya disebut gunung bergerak karena pernah terjadi longsor, dan longsornya tidak sekaligus. Oleh karena itu, gunung tersebut dikatakan berpindah-pindah," jelas akun lain. "Ini tanah dari bukit yang jatuh ke jalan utama, bukan gunung yang bergerak. Dan sekarang kendaraan bisa lewat meski jalan masih ditutup sebagian," kata netizen ini.

Penjelasan dari PVMBG

Anjar Heriwaseso dari PVMBG, tidak membenarkan fenomena gunung bergerak seperti yang disebutkan dalam video viral tersebut. “Itu fenomena tanah longsor,” ujarnya saat, Senin (20/2/2023) malam.

Fenomena tersebut terjadi di Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, NTT pada Jumat malam (17/2/2023). Akibat longsor tersebut, sebagian jalan di desa tersebut tertimbun dan tidak bisa dilalui kendaraan.

Lanjut ……

TAG: #ntt
Sumber:

BERITA TERKAIT