header

Jumlah Korban Hari ini, Kebakaran Kilang Minyak Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara

Sabtu 04-03-2023 / 15:41 WIB


Jumlah Korban Hari ini, Kebakaran Kilang Minyak Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara

BURUHTINTA.co.id - Di Depot Pertamina Plumpang di Koja, Jakarta Utara, terjadi kebakaran yang menewaskan puluhan orang. Berdasarkan informasi yang diberikan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, pantauan di lokasi, warga, aparat keamanan, dan Pj Gubernur Heru Budi Hartono, berikut adalah urutan kejadian yang kita ketahui sejauh ini.

  1. Jumlah orang yang meninggal

Pada hari Sabtu, 4 Maret 2023, hingga pukul 00:30 WIB, 17 orang telah terluka dalam kejadian di Depot Pertamina Plumpang di Koja, Jakarta Utara. Dari 17 orang yang terluka, 15 dewasa dan 2 anak-anak. Saat ini, tujuh belas orang berada di tempat yang berbeda. Dua di RSUP Cipto Mangunkusumo dan delapan di RS Tugu Koja. Ketujuh orang yang berada di Koramil dibawa ke RS Polri Kramat Jati pada pukul 00:06 WIB.


Sampai saat ini, sekitar 50 orang, terdiri dari 49 orang dewasa dan 1 anak, telah terluka dan dilarikan ke RS Mulyasari, RS Tugu, dan RS Pelabuhan. Jumlah korban meninggal juga terus bertambah. Isnawa Adji, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta, mengumumkan bahwa 17 orang telah meninggal dunia.

Sejauh ini, pemicu kebakaran yang bermula dari pipa gas milik Pertamina masih belum diketahui secara pasti dan masih dalam pendataan. Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah memastikan bahwa semua korban dirawat di seluruh rumah sakit yang merawat korban saat itu. Namun, warga yang terdampak belum bisa dievakuasi karena api masih mendingin.

Heru menyatakan bahwa pemerintah setempat telah menyiapkan lima posko untuk menangani kebakaran ini, yang terletak di kantor Walikota, GOR, RPTRA, PMI, kantor kecamatan, dan kantor RW. Papan tulis Koramil awalnya mencatat 17 orang meninggal dunia, namun kemudian diubah menjadi 13 orang tewas. Namun, pemerintah dan pejabat setempat belum memberikan keterangan mengenai perubahan jumlah korban yang meninggal dunia.

2. Dugaan Kesalahan Manusia


×

Fadil Imran menyatakan bahwa penyebab kebakaran di depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara masih dalam penyelidikan. Hingga saat ini, belum ada tersangka yang ditetapkan dan tidak ada klaim kesalahan manusia. Setelah menghadiri rapat darurat dengan Heru di Pos Koja Koramil, Jakarta Utara, Fadil mengatakan, "Kami masih dalam proses. Kami akan membantu terlebih dahulu."

Lanjut ………

Sumber: tempo.co

BERITA TERKAIT