header

Jumlah Korban Hari ini, Kebakaran Kilang Minyak Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara

Sabtu 04-03-2023 / 15:41 WIB


Jumlah Korban Hari ini, Kebakaran Kilang Minyak Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara

Seperti orang lain yang tinggal di sana, Asya segera meminta keluarganya untuk pindah ke Masjid At Taubah terdekat. Namun di sana, dia dan keluarganya tidak bisa keluar karena lantai satu masjid sedang digunakan untuk persiapan pesta. Oleh karena itu, warga kembali bergerak menuju Jalan Mundari.

Di sinilah Asya pertama kali melihat bagaimana api membunuh orang. Dia menyaksikan tiga orang tewas dalam kebakaran itu. Asya tidak bisa kembali ke rumahnya sampai sekitar pukul 11 malam.


Asya duduk di luar rumahnya sampai jam 3 pagi karena takut maling masuk. Dia beruntung karena ayam aduan merahnya tidak merusak rumahnya. Bahkan beberapa rumah tetangganya yang letaknya lebih dekat dengan depo hancur total.

Aini yang berusia 57 tahun juga mengalami hal serupa. Bahkan setelah Isya, dia masih berbicara dengan seorang pria penjual nasi goreng di depan rumahnya. Tak lama kemudian, Aini kaget melihat orang-orang berlarian kemana-mana. Segera, semacam kabut dan bau bensin yang kuat muncul.

"Kamu cium itu, bung," kata Aini kepada penjual nasi goreng, membenarkan apa yang dia cium. Kemudian dia pulang, menelepon keluarganya, dan mendapatkan dokumen penting yang telah dimasukkan ke dalam tas khusus. Dia berkata, "Saya pergi ke At Taubah, hanya mengikuti arus."


×

Aini juga melihat orang muntah-muntah akibat bau bensin yang menyengat.

Aini mengatakan bahwa orang-orang lari ke At Taubah, tetapi mereka tidak tahu siapa yang mengirim mereka ke sana. Di At Taubah, Aini tidak bisa naik ke lantai dua karena mendengar bau bensin yang menyengat di sana.

Maka Aini terus berjalan hingga tiba di Jalan Mundari lalu Pasar Kaget. Di sana, Aini melihat tiga jenazah orang yang tewas dilalap api. Seperti Asya, Aini beruntung rumahnya tidak terbakar.

  1. Pasokan BBM

Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), memastikan pasokan BBM tetap aman meski pipa gas di Depot Plumpang, Jakarta Utara, baru-baru ini terbakar.

Ia mengatakan, Pertamina akan memanfaatkan pasokan cadangan dari tiga terminal BBM terdekat, yakni Tanjung Gerem, Cikampek, dan Ujung Berung.

Pasokan BBM juga aman karena kilang Cilacap dan Balongan mengirimkan BBM melalui jalur laut ke Terminal BBM Tanjung Priok, menurut Nicke pada 4 Maret 2023 di Jakarta.***

Sumber: tempo.co

BERITA TERKAIT