header

Jumlah Korban Hari ini, Kebakaran Kilang Minyak Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara

Sabtu 04-03-2023 / 15:41 WIB


Jumlah Korban Hari ini, Kebakaran Kilang Minyak Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara

Fadil juga mengungkapkan bahwa tim Puslabfor RS Polri Kramat Jati sedang berusaha mengidentifikasi korban agar dapat dikembalikan kepada keluarganya. Polisi memerlukan informasi tentang status hidup atau meninggal korban, karena semuanya menderita luka bakar.

3. Zone Buffer

Heru mengatakan, pemerintah daerah telah mengangkat isu penyediaan jarak rumah dengan depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara. Area yang diminta harus memiliki zona penyangga 50 meter. "Sisanya kami serahkan ke Pertamina," kata Heru.


Namun, Heru tidak menjelaskan lebih lanjut apakah Pertamina atau masyarakat setempat telah menyetujui dan melaksanakan rencana tersebut. Saat ini api sudah menjalar ke rumah-rumah warga yang tinggal di sekitar depo.

Di sepanjang Jalan Tanah Merah Bawah terdapat rumah-rumah dan pertokoan milik warga setempat yang bermukim di sana. Rumah-rumah ini menghadap langsung ke tembok tinggi yang menandai tepi depo.

Ini adalah rumah-rumah yang ditinggalkan dalam reruntuhan. Tidak hanya rumah, beberapa mobil juga dibakar. Pada pukul 3 pagi, api telah padam, namun petugas pemadam kebakaran masih bekerja untuk mendinginkan gedung.

4. Kesaksian Warga


×

Sejumlah warga yang bermukim di Jalan Tanah Merah Bawah, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, menceritakan bagaimana kebakaran pipa gas Pertamina di Plumpang menghanguskan puluhan rumah dan beberapa mobil. Masalah bermula setelah shalat Isya pada Jumat malam, sekitar pukul 20.00, ketika warga tiba-tiba mencium bau bensin yang sangat menyengat.

"Orang-orang di sini muntah-muntah dan mencium bau menyengat," kata Asya, seorang warga berusia 40 tahun, saat ditemui Tempo di sana, Sabtu, 4 Maret 2022 dini hari.

Asya berada di dalam rumahnya ketika dia mencium bau bensin yang menyengat. Hampir pada saat yang sama, dia mendengar keributan di luar rumahnya. Awalnya, dia mengira orang-orang yang tinggal di sana sedang berkelahi. Namun ternyata warga sudah terlanjur mengungsi karena terjadi kebakaran di Depot Pertamina yang letaknya di dekat rumah warga dan dikelilingi tembok.

Lanjut ………

Sumber: tempo.co

BERITA TERKAIT