header

Apa itu Mastodon, jejaring sosial yang kini diblokir Twitter karena jadi saingan berat

Sabtu 17-12-2022 / 18:39 WIB


Apa itu Mastodon, jejaring sosial yang kini diblokir Twitter karena jadi saingan berat

Sama seperti Twitter, Mastodon menggunakan tagar yang diawali dengan simbol "#", seperti #Gaming, #Antropologi, atau #Veganisme. Karena tidak ada algoritme untuk menampilkan kiriman Anda kepada orang yang tidak mengikuti Anda, bahkan lebih penting daripada di Twitter untuk menggunakan tagar guna mengelompokkan kiriman Anda untuk orang-orang yang mungkin tertarik.

Anda dapat mengikuti akun Mastodon apa pun, meskipun tidak ada di server Anda sendiri. Postingan akun akan muncul di feed Beranda Anda sesuai urutan pembuatannya. Ketahuilah bahwa Anda mungkin perlu meminta izin untuk mengikuti beberapa akun.


Anda dapat menggunakan aplikasi web gratis seperti Debirdify, Fedifinder, dan Twitodon untuk menemukan akun Twitter yang telah dipindahkan ke Mastodon.

Anda dapat memblokir akun, seperti di Twitter, jika Anda tidak ingin mengikuti Anda, atau Anda dapat memblokir seluruh server.

Bagaimana garis waktu di Mastodon bekerja?


×

Mastodon memiliki tiga timeline, sedangkan Twitter hanya memiliki satu timeline. Timeline Beranda Anda menampilkan semua postingan dan reblog dari semua orang yang Anda ikuti. Timeline lokal Anda menampilkan semuanya dari instance server Anda sendiri. Dan garis waktu Federasi Anda menampilkan semua pos dari semua server Mastodon tempat Anda mengikuti seseorang.

Baca juga: Penggelapan 2 triliun uang kripto nasabah oleh Sam Bankman-Fried CEO FTX

Dengan browser web, Anda dapat menyetel Mastodon agar terlihat seperti Twitter, menampilkan satu feed dalam satu waktu, atau Anda dapat memilih "Tampilan lanjutan" dari Preferensi untuk melihat beberapa feed dan notifikasi sekaligus, seperti Tweetdeck.

Apakah ada aplikasi Mastodon untuk ponsel saya?

Karena Mastodon adalah sumber terbuka, Anda dapat memilih dari banyak aplikasi untuk iPhone dan Android.

Aplikasi resmi Mastodon (untuk iOS atau Android) adalah pilihan pertama dan termudah, tetapi ada juga aplikasi pihak ketiga yang bagus. Metatext untuk iPhone dan Tusky untuk Android adalah dua aplikasi terpopuler yang dapat digunakan sebagai pengganti Mastodon saat ini.***

Sumber:

BERITA TERKAIT