header

Apa itu Mastodon, jejaring sosial yang kini diblokir Twitter karena jadi saingan berat

Sabtu 17-12-2022 / 18:39 WIB


Apa itu Mastodon, jejaring sosial yang kini diblokir Twitter karena jadi saingan berat

BURUHTINTA.co.id - Sejak Elon Musk mengambil alih Twitter pada 27 Oktober, ada banyak masalah di jejaring social tersebut. Setengah dari staf dipecat melalui email, dan perubahan buruk pada sistem verifikasi cek biru yang menyebabkan troll dan akun palsu membanjiri twitter.

Sehingga pengguna Twitter yang khawatir dengan perubahan tersebut, banyak yang berusaha mencari alternative medsos. Hingga saat ini yang banyak dilirik oleh mereka yang berpindah ke lain hati adalah aplikasi medsos Mastodon. Pada 15 Desember kemarin terjadi lonjakan 400% jumlah pengguna atau pendaftar baru app Mastodon.


Mastodon pun jadi makin populer. Mungkin ini yang menjadi alasan mengapa Twitter memblokir banyak tautan ke server Mastodon dengan alasan bahwa URL tersebut berbahaya atau mengandung malware. Twitter juga telah menutup akun resmi Mastodon, yang membuat pencipta Mastodon, Eugen Rochko, membuat lelucon tentang tidak perlu memeriksa (buka) Twitter lagi.

Baca juga: Film Avatar 2 dengan format High Frame Rate (HFR), 48 fps 2D & 3D

Berikut ini penjelasan mengapa Mastodon bakal menjadi saingan berat tiwitter:


×

Apa bedanya dengan Twitter? Apa itu Mastodon?

Mastodon adalah medsos gratis yang cara kerjanya mirip Twitter. Anda dapat memposting "toots" alih-alih tweet, mengikuti orang dan grup lain.

Eugen Rochko, CEO dan satu-satunya karyawan nirlaba Mastodon gGmbH. Ia membuat Mastodon dan merilis untuk pertama kalinya pada Oktober 2016. Pada bulan Mei, Rochko berbicara tentang bagaimana layanan pengganti "tweet" yang bernama aneh itu bekerja. Dia mengatakan bahwa nama asli tombol itu adalah "terbitkan", tetapi seorang pendukung setia berjanji untuk membayar akun Mastodon Patreon seumur hidup jika dia mengubah namanya menjadi "toot". (Tertulis "terbitkan" di aplikasi iOS dan Android.)

Baca juga: Anime baru Naruto – Boruto diungkap di acara Jump Festa 2023 Super Stage

Dalam sebuah wawancara dengan Majalah Time, Rochko mengatakan bahwa dia mulai mengerjakan Mastodon ketika dia menyadari bahwa, "dapat mengekspresikan diri secara online kepada teman-teman saya melalui pesan singkat sebenarnya sangat penting bagi saya, dan privacy juga terjaga."

Mastodon dijalankan masing-masing pada banyak server yang berbeda, namun antar server tersebut terhubung melalui sistem yang disebut Fediverse. Jejaring sosial lainnya seperti PeerTube untuk video, Funkwhale untuk musik, PixelFed untuk foto, dan NextCloud untuk file juga merupakan bagian dari Fediverse.

Server Mastodon tidak harus ditautkan ke Fediverse. Truth Social, jejaring sosial mantan Presiden AS Donald Trump, adalah contoh Mastodon yang paling terkenal.

Lanjut hal. 2

Sumber:

BERITA TERKAIT